Hujan di Hulu, Suplai Air Baku PDAM Makassar Mulai Membaik

Semua IPA mulai berproduksi kembali

Makassar, IDN Times - Suplai air baku Perumda Air Minum Makassar berangsur membaik setelah hujan di hulu. Dengan membaiknya suplai air baku, produksi air pun diharapkan mulai berjalan normal.

Plt Direktur Teknik Perumda Air Minum Kota Makassar, Aiman Adnan, mengatakan pelayanan ke pelanggan akan dioptimalkan kembali. Hal ini menyusul 3 IPA (instalasi pengolahan air) yang mulai beroperasi secara bertahap setelah sebelumnya tidak memproduksi air. 

"Sebuah kesyukuran karena air baku sudah tersedia dan siap untuk di produksi berkat hujan yang turun beberapa hari terakhir di sekitar wilayah sumber air baku kita," kata Aiman, dalam keterangannya, Selasa (7/11/2023).

1. Tiga IPA yang sempat dihentikan akhirnya beroperasi kembali

Hujan di Hulu, Suplai Air Baku PDAM Makassar Mulai MembaikKondisi ketinggian air di Bendung Leko Pancing, Maros, Rabu (30/8/2023). IDN Times/Istimewa

Tiga IPA milik PDAM Kota Makassar memang sempat dihentikan operasionalnya. Hal ini dikarenakan kekeringan pada sumber air baku yakni di Bendung Lekopancing. 

Dihentikannya operasional 3 IPA itu otomatis semakin menghambat pasokan air bersih untuk pelanggan. Tiga IPA yang dimaksud yaitu IPA II Panaikang, IPA III Antang, dan IPA IV Maccini Sombala. 

Selama kurang lebih 3 bulan, ketiga IPA tersebut tidak beroperasi. Setelah hujan di hulu bendungan, air baku kembali cukup untuk diproduksi sehingga tiga IPA tersebut kembali beroperasi normal.

2. Produksi air bersih berlangsung secara bertahap

Hujan di Hulu, Suplai Air Baku PDAM Makassar Mulai MembaikMobil operasional PDAM Makassar mengangkut air bersih untuk didistribusikan ke wilayah terdampak kekeringan. IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Meski tiga IPA tersebut kembali beroperasi, namun produksi air tidak bisa serta merta secara keseluruhan. Produksi air bersih, kata Aiman, akan berlangsung secara bertahap. 

“Masuk tahap normalisasi. Jadi tidak langsung full, ini akan memakan waktu juga sampai akhirnya air bisa diterima oleh masyarakat," jelasnya.

Baca Juga: Krisis Air Bersih, PDAM Makassar Minta Masyarakat Hemat Air

3. Berharap hujan supaya air baku meningkat

Hujan di Hulu, Suplai Air Baku PDAM Makassar Mulai MembaikDirektur Utama PDAM Kota Makassar, Benny Iskandar, saat meninjau kondisi ketinggian air di Bendung Leko Pancing, Maros, Rabu (30/8/2023). IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Makassar, Benny Iskandar, berharap hujan masih terus turun. Setidaknya hal ini bisa membantu supaya stok air baku semakin banyak. 

“Kita masih berharap hujan masih terus turun agar stok air baku kita cukup untuk beberapa waktu kedepan dan pelayanan ke masyarakat dapat optimal kembali," katanya.

Adapun hujan di sekitar hulu Bendungan Lekopancing sempat menambah level muka air di bendungan tersebut setinggi 1 meter (masih 2 meter di bawah pelimpahan) dan llevel air di saluran 40 cm (dalam kondisi normal 100 cm). Kondisi ini masih bisa berubah tergantung curah hujan.

Baca Juga: 3 IPA Milik PDAM Makassar Tak Sanggup Lagi Suplai Air Bersih

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya