Hujan Deras Bikin Banjir di Makassar, Danny Pomanto Liburkan Sekolah

Belajar dilanjutkan di rumah secara daring

Makassar, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur Kota Makassar kembali menimbulkan banjir. Sejumlah wilayah mengalami banjir mulai dari pemukiman, ruas jalan utama hingga sekolah.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan agar meliburkan seluruh sekolah hingga cuaca kondusif. Meski begitu, pembelajaran tetap dilanjutkan secara online atau daring dari rumah.

"Saya instruksikan Dinas Pendidikan untuk kontak orang tua agar anak-anak sekolah segera dipulangkan karena dikawatirkan air makin naik dan ada aliran listrik dan sebagainya maka anak-anak untuk sementara sekolah dari saja dahulu sampai kondisi kondusif," kata Danny Pomanto, Senin, (13/02/2023).

Baca Juga: Makassar Banjir Hari Ini: Kumpulan Foto dan Video dari Warganet

1. Belasan sekolah terendam banjir

Hujan Deras Bikin Banjir di Makassar, Danny Pomanto Liburkan SekolahBanjir mengenangi sebuah kawasan sekolah di Makassar, Senin (13/2/2023). Dok. Dinas Pendidikan Makassar

Menurut laporan Dinas Pendidikan, sekolah yang mengalami banjir yaitu SMP Negeri 1, di mana kondisi air telah masuk lapangan. Kemudian, SMP 6, SMP 7, SMP 19, SMP 26, SMP 29, SMP 21, SMP 13, SMP 33, SMP 18, SMP 27, SMP 22, SMP 37, SMP 3, SMP 5, SMP 8 dan SMP 24.

"Itu sementara sudah kena semua. Kalau SD rata-rata, tapi kami masih rekap dan hitung," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin.

2. Belajar di sekolah dilanjutkan setelah cuaca kondusif

Hujan Deras Bikin Banjir di Makassar, Danny Pomanto Liburkan Sekolahilustrasi musim hujan (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Muhyiddin mengatakan telah mengeluarkan surat imbauan kepada seluruh sekolah agar pembelajaran dilaksanakan dari rumah. Para siswa yang terlanjur di sekolah diminta pulang ke rumah atau dijemput keluarga.

"Karena cuaca rawan maka secara keseluruhan anak-anak pembelajaran daring dulu sementara. Jadi kita liat cuaca begitu selesai bagus kita kembali ke sekolah," katanya.

3. Banjir terjadi di sebagian wilayah Kota Makassar

Hujan Deras Bikin Banjir di Makassar, Danny Pomanto Liburkan SekolahIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Banjir terjadi di Kota Makassar seiring dengan hujan deras yang turun sejak Senin dini hari. Akibatnya, sejumlah ruas jalan, kantor pemerintahan hingga pemukiman penduduk tergenang banjir. Bahkan tak sedikit akses terhalang banjir.

Banjir terpantau di pertiigaan Jalan Masjid Raya, Jalan Urip dan Jalan Gunung Bawakaraeng tepatnya dekat pompa bensin di sekitar. Dari video netizen yang beredar, terjadi kemacetan di jalan tersebut lantaran kendaraan kesulitan melintasi jalan.

Banjir juga terpantau di Jalan Mongisidi Baru, Kelurahan Ballaparang, Kecamatan Rappocini. Saat ini, petugas tengah berkoordinasi dengan pengurus masjid setempat agar disiapkan sebagai lokasi evakuasi apabila terjadi ketinggian air yang signifikan.

Baca Juga: Prakiraan BMKG: Wilayah Sulsel Hujan Sepanjang Hari

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya