Harlah Pancasila, Gubernur Sulsel: Momentum Menjaga Semangat NKRI

Sudirman minta masyarakat waspada hoax

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga semangat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini disampaikannya saat upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Lapangan Upacara Gubernuran, Kamis (1/6/2023).

Dalam sambutannya dia menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar konstitusi dan falsafah hidup dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dia menyebut Pancasila merupakan energi bangsa Indonesia sebagai sebuah episentrum pertumbuhan ekonomi untuk kemakmuran seluruh rakyat Indonesia. 

"Upacara dengan tema Gotong Royong membangun peradaban dan pertumbuhan global menjadi momentum selalu menjaga semangat NKRI," kata Andi Sudirman.

1. Waspada dengan gerakan tak sejalan Pancasila

Harlah Pancasila, Gubernur Sulsel: Momentum Menjaga Semangat NKRIMonumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya di Jakarta Timur ( ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Sudirman berharap momentum peringatan Hari Lahir Pancasila ini mampu meneguhkan komitmen masyarakat agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila. Selain itu, ada pula semangat bergotong royong untuk membangun peradaban dan pertumbuhan global.

Menurutnya, tantangan yang ada saat ini yaitu harus waspada pada segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Hal ini merupakan salah satu wujud persatuan NKRI agar bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri ini.

"Perlu belajar dari negara lain, yang dihantui radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara sebagai mana terjadi di berbagai belahan dunia. Dengan Pancasila dan Undang-undang Dasar 45 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar hal tersebut," katanya.

2. Waspadai hoax yang berpotensi memecah belah

Harlah Pancasila, Gubernur Sulsel: Momentum Menjaga Semangat NKRIilustrasi hoax (IDN Times/Sukma Shakti)

Sudirman juga menyampaikan kepada masyarakat agar selalu mewaspadai hoaks. Pasalnya, hoaks dapat memprovokasi dan memecah belah bangsa sehingga merusak NKRI.

"Setiap warga wajib mencegah adanya provokasi termasuk identitas SARA, hoaks serta isu lainnya yang dapat memecah bela semangat NKRI," ucapnya.

3. Sudirman semangati peserta upacara

Harlah Pancasila, Gubernur Sulsel: Momentum Menjaga Semangat NKRIGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Rujab Gubernur Sulsel, Kamis (1/6/2023). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Dalam momentum upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini, Sudirman juga menyapa peserta upacara. Uacara itu tak hanya dihadiri para pejabat lingkup Pemprov Sulsel saja melainkan ada siswa dan siswi sebagai peserta upacara.

Setelah upacara, Sudirman lalu berfoto bersama para siswa dan siswi tersebut. Pada sesi berfoto itu, Sudirman memberikan semangat para peserta upacara.

"Salam Pancasila, NKRI Harga Mati," kata Sudirman.

Baca Juga: Meriahnya Pernikahan Tumming, Abu Ngaku Berperan Hadirkan Gubernur

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya