Gubernur Sulsel Lantik Setiawan Aswad Pj Bupati Takalar

Sudirman berpesan agar Pj Bupati hindari politik praktis

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melantik Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Setiawan Aswad sebagai Penjabat Bupati Takalar. Pelantikan berlangsung di Baruga Pattingalloang Rujab Gubernur Sulsel, Kamis (22/12/2022).

Setiawan Aswad menggantikan Syamsari Kitta yang masa jabatannya telah habis. Setiawan akan bertugas hingga bupati definitif terpilih usai Pilkada Serentak 2024.

Dalam arahannya, Sudirman menyampaikan agar Setiawan menjalankan program-program di masa peralihan menuju Pilkada Serentak 2024. 

"Tapi pada intinya, kami harap melaksanakan melanjutkan program-program yang bagus dan menjalankan sesuai dengan RPJMD yang ada. Selalu bersinergi dengan pemerintah provinsi," kata Sudirman.

Baca Juga: Tes Narkoba Jadi Syarat Perpanjang Kontrak Honorer Sulsel

1. Pesan hindari politik praktis

Gubernur Sulsel Lantik Setiawan Aswad Pj Bupati TakalarGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melantik Setiawan Aswad sebagai Pj Bupati Takalar di Baruga Pattingalloang, Kamis (22/12/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Sudirman juga mengingatkan Setiawan tidak terlibat politik praktis. Hal ini mengingat bahwa latar belakangnya sebagai seorang aparatur sipil negara (ASN).

"Kemudian tidak boleh membentuk kubu-kubu di sana, justru bagaimna kemudian menjadikan sejuk Takalar itu, melanjutkan suasana yang baik dan tentu bisa bersinergi untuk membangun Takalar," katanya.

Sudirman menyebutkan ada beberapa nama yang diusulkan namun Setiawan yang akhirnya disetujui oleh Mendagri. 

"Jadi, tiga saja diusul itu pun Pak Menteri melalui TPA memutuskan, alhamdulillah orang provinsi yang diberikan kepercayaan. Jadi jaga kepercayaan itu," katanya.

2. Eks Bupati Takalar titip lanjutkan pembangunan

Gubernur Sulsel Lantik Setiawan Aswad Pj Bupati TakalarEks Bupati Takalar periode 2017-2022, Syamsari Kitta (Dok. Humas Pemkab Takalar)

Syamsari Kitta selaku eks Bupati Takalar, berpesan agar Pj bupati melanjutkan pembangunan di daerah tersebut. Menurutnya pembangunan berkelanjutan harus tetap terjaga meskipun kepala daerah berganti.

"Jadi saya sudah komitmen dengan Pak Gubernur bertiga, bersama-sama bersinergi dalam rangka menyukseskan program pemerintah secara umum," kata Syamsari.

Dia pun menitipkan beberapa proyek yang belum rampung kepada Setiawan. Di antaranya, pembangunan rumah sakit internasional.

"Kurang lebih tinggal 10 persen lagi. Beliau tinggal menjaga sampai di akhir tahun sebagaimana batas dari pelaksnaan kegiatan," katanya.

3. Setiawan akan susun rencana pembangunan daerah

Gubernur Sulsel Lantik Setiawan Aswad Pj Bupati TakalarIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Setiawan mengatakan siap mengawal pemerintahan di Takalar hingga Pilkada Serentak 2024. Dalam masa tugasnya yang cukup lama itu, dia menyatakan akan menyusun rencana pembangunan daerah.

"Rencana pembangunan daerah itu kan tidak bisa lepas dari rencana pembangunan jangka panjang Takalar," katanya.

Adapun langkah pertama yang akan dimulai oleh Setiawan yakni bertemu dengan Forkopimda setempat untuk membangun sinergitas sekaligus silaturahmi.

"Mendengarkan apa masukan dari mereka tentang bagaimana baiknya Takalar itu kita jalankan bersama ke depannya bersama-sama dengan Forkopimda," katanya.

Baca Juga: Wisata Pantai Galesong Takalar: Lokasi, Harga, dan Fasilitas

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya