Gubernur Sulsel Janjikan Hadiah Bagi Peraih Juara Satu Porprov XVII

Sebanyak Rp20 miliar digelontorkan untuk bonus atlet

Makassar, IDN Times - Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) XVII Sinjai-Bulukumba Tahun 2022 mulai bergulir. Pembukaan Porprov berlangsung di Lapangan Andi Bintang, Kabupaten Sinjai berlangsung meriah, Sabtu (22/10/2022) malam.

Porprov XVII ini diikuti 8.353 kontingen dari 24 kabupaten/kota se-Sulsel. Sebanyak 33 cabang olahraga dipertandingkan dalam event olahraga ini. Poprov XVII berlangsung mulai 22 - 30 Oktober 2022. 

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menjanjikan hadiah spesial bagi peraih juara pertama. Kendati demikian, dia belum mau mengungkapkan hadiah spesial yang dimaksud.

"Tentu hadiah akan kita siapkan untuk kontingen peraih juara umum 1, 2, dan 3. Termasuk disiapkan hadiah bagi atlet yang berhasil memecahkan rekor pada Porprov ini. Namun kita tidak ingin menjanjikan (besaran) nilainya," katanya.

1. PSM Makassar dapat bonus Rp750 juta

Gubernur Sulsel Janjikan Hadiah Bagi Peraih Juara Satu Porprov XVIIGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan bonus kepada PSM Makassar saat pembukaan event Porprov XVII di Lapangan Andi Bintang Sinjai, Sabtu (22/10/2022). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Pada kesempatan itu, Sudirman juga menyerahkan bonus sebesar Rp750 juta untuk PSM Makassar. Hal ini usai klub sepakbola asal Makassar itu meraih posisi runner up pada perhelatan Piala AFC 2022 Zona ASEAN.

Bonus tersebut merupakan bentuk apresiasi Gubernur Sulsel terhadap raihan prestasi terhadap para atlet Sulsel. Selain itu juga untuk mendukung pembinaan atlet dan diharapkan akan memacu semangat para atlet untuk terus berprestasi.

"Hari ini kita menyerahkan Rp 750 juta kepada PSM Makassar, untuk mendukung pembinaan atlet," ujar Sudirman.

2. Sebesar Rp20 miliar dana digelontorkan untuk atlet

Gubernur Sulsel Janjikan Hadiah Bagi Peraih Juara Satu Porprov XVIIIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam dua tahun terakhir, Pemprov Sulsel telah menggelontorkan dana sebesar Rp20 miliar untuk diserahkan kepada atlet yang berprestasi baik di kejuaraan nasional maupun internasional. 

Pada 2021 lalu, lifter asal Makassar sekaligus peraih Medali perunggu klas -73kg putra pada Olympiade Tokyo 2021, Rahmat Erwin Abdullah, menerima bonus senilai Rp300 juta dan 1 unit rumah.

Atlet sepakbola asal Sulsel yang mewakili Indonesia pada Piala AFF Tahun 2021 juga mendapatkan bonus Pemprov Sulsel. Mereka adalah Asnawi Mangkualam dan Irfan Jaya yang masing-masing mendapatkan bonus sebesar Rp 100 juta.

Demikian halnya pada kejuaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di mana Gubernur Sulsel mengalokasikan bonus sebesar Rp14,038 Miliar. Bonus ini, nilainya bahkan dua kali lipat dari PON sebelumnya di Jawa Barat.

Baca Juga: Warga Sinjai Diminta Memeriahkan Porprov XVII

3. Bonus diberikan untuk pembinaan atlet

Gubernur Sulsel Janjikan Hadiah Bagi Peraih Juara Satu Porprov XVIIPenyerahan santunan kepada ahli waris serta bonus kepada atlet berprestasi saat sidang paripurna HUT ke-353 Sulsel di gedung DPRD Sulsel, Rabu (19/10/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Teranyar, Gubernur Sulsel menyerahkan bonus kepada atlet peraih medali bagi Tim Indonesia di event olahraga SEA Games 2021 di Vietnam.

Bonus itu diserahkan pada Rapat Paripurna DPRD Sulsel dengan agenda 353 Tahun Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu 19 Oktober 2022, lalu. 

"Kita terus memberikan bonus untuk pembinaan atlet sebagai wujud apresiasi kami atas prestasi para atlet membawa nama Sulawesi Selatan," katanya.

Baca Juga: Anggaran Porprov Sulsel Belum Cair, KONI Cari Dana Talangan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya