Filosofi Logo HUT ke-416 Makassar, Danny: Simbol Kota Digital

Kota Makassar merayakan hari jadi ke-416 tahun

Makassar, IDN Times - Pada hari Kamis (2/11/2023) besok, Kota Makassar merayakan hari jadi ke-416 tahun. Peringatan ini dilaksanakan lebih awal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yaitu 9 November.

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Daeng ini, Pemerintah Kota Makassar menghadirkan logo unik. Logo ini merupakan gambar angka 416 yang berbentuk sirkuit digital yang menyerupai microchip.

Filosofi tema tersebut menurut Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, merefleksikan Makassar sebagai kota digital dengan masyarakatnya yang modern. Pemilihan font pada logo menggambarkan eksistensi generasi Milenial dan Gen Z.

"Itu menggambarkan bahwa Makassar sudah menjadi kota digital. Terus yang kedua itu lebih millenial. Yang ketiga, itulah font-font terbaru sekarang, yang kota-kota itu kan," kata Danny Pomanto, Rabu (1/11/2023).

1. Didominasi warna merah

Filosofi Logo HUT ke-416 Makassar, Danny: Simbol Kota DigitalLogo HUT Makassar/Istimewa

Dominasi merah pada logo karena warna tersebut dianggap identik dengan Kota Makassar. Merah, kata Danny, tidak berkaitan dengan warna partai tertentu.

Dia lalu menyebutkan salah satu pepatah berbahasa Makassar yakni 'Eja Tompi Na Doang'. Secara harfiah, pepatah tersebut dimaknai sebagai 'baru bisa disebut udang kalau warnanya merah (setelah dibakar)'. Namun secara istilah, pepatah tersebut kerap dimaknai yaitu nantilah kalau sudah kena, baru lihat akibatnya.

"Iya, merah kan kita punya warna Makassar. Makassar itu eja tompi na doang, kan eja itu merah. Jadi merah, bukan warga partai," kata Danny.

2. Menyisipkan motif batik Lontara

Filosofi Logo HUT ke-416 Makassar, Danny: Simbol Kota DigitalLogo HUT Makassar/Istimewa

Pada angka 416, terlihat ada motif batik Lontara yang juga berwarna merah. Batik Lontara merupakan batik yang menunjukkan huruf Lontara. Huruf Lontara sendiri merupakan aksara asli suku Bugis dan Makassar.

"Sama, batik Lontara juga warnanya merah. Kalau dilihat begitu, seperti sirkuit, seperti microchip," kata Danny.

3. Mengusung tema The Next Gen for All

Filosofi Logo HUT ke-416 Makassar, Danny: Simbol Kota DigitalWakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, Senin (12/12/2022). IDN Times/Ashrawi MuinPejabat Pemkot Makassar

Adapun puncak peringatan HUT ke-416 Makassar akan digelar di Tugu MNEK Kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Jalan Tanjung Bunga, Makassar. Peringatan HUT ini mengusung tema "The Next Gen for All" yang memiliki arti "generasi untuk semuanya".

Pada puncak peringatan HUT Kota Makassar ke-416 tahun akan menampilkan berbagai pertunjukan dan kegiatan. Di antaranya, karnaval budaya remaja yang dikemas menyerupai Festival Awa Odori di Jepang, virtual tour desain baru Lapangan Karebosi, penyerahan puluhan gerobak pisang epe, hingga momentum perpisahan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi.

Baca Juga: Pemkot Makassar Bagikan Gerobak Pisang Epe di HUT ke-416 Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya