Pemkot Makassar Bagikan Gerobak Pisang Epe di HUT ke-416 Makassar

Pemkot ingin menata PKL di kawasan Pantai Losari

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Koperasi dan UMKM akan menyerahkan puluhan gerobak kepada pedagang kaki lima (PKL) pisang epe di Pantai Losari. Pembagian gerobak baru secara gratis sebagai bagian penataan PKL pisang epe.

Penyerahan gerobak jadi salah satu agenda peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-415 Kot Makassar, yang dirayakan pada 2 November 2023. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Muhammad Rheza.

Baca Juga: Pemkot Makassar Berencana Menata PKL Pisang Epe di Pantai Losari

1. Pemkot siapkan prototipe gerobak UMKM

Pemkot Makassar Bagikan Gerobak Pisang Epe di HUT ke-416 MakassarSituasi pedagang pisang epe di kawasan Pantai Losari Makassar. (Dok. IDN Times)

Kata Rheza, pada HUT Kota Makassar Diskop akan menampilkan prototipe gerobak UMKM yang akan berisi beberapa jenis makanan khas Kota Makassar. Terutama kuliner berbahan dasar pisang yang selama ini populer.

“Jenis menunya baru kita diskusikan intinya berbahan dasar pisang semua. Kita juga akan menampilkan prototipe gerobak seragam untuk UMKM, sekaligus akan langsung dibagikan gerobak kepada pedagang pisang epe,” ucap Rheza dalam keterangan yang dikutip, Senin (30/10/2023).

2. Gerobak dibagikan bertahap

Pemkot Makassar Bagikan Gerobak Pisang Epe di HUT ke-416 MakassarSituasi pedagang pisang epe di kawasan Pantai Losari Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Rencananya, tahap awal akan dibagikan sebanyak 26 gerobak UMKM Pisang epe secara simbolis. Pembagian Ini bukan untuk relokasi ulang, melainkaa upaya Pemkot Makasar untuk lebih menata pedagang pantai losari agar lebih rapi dan indah.

“Ditata lebih baik, karena anjungan ini salah satu ikon kita yang terkenal. Lokasinya akan tetap tidak berpindah,” ujar Rheza.

3. Pedagang pisang epe diverifikasi

Pemkot Makassar Bagikan Gerobak Pisang Epe di HUT ke-416 Makassarpisang epe (instagram.com/inggrid8118)

Ggerobak yang dibagikan sudah dilengkapi fasilitas untuk menunjang aktivitas PKL pisang epe. Seperti unit pemanggang pisang, satu set kursi, dan meja.

Ada tiga tahap penyaluran. Tahap pertama untuk PKL Pisang Epe’ yang terletak di sekitar Tugu MNEK sebanyak 26 pedagang. Sisanya tahap dua di lokasi Anjungan Pantai Losari dan tahap tiga disekitaran Tugu Mandar.

Penyaluran ini telah melalui tahap verifikasi dan pada tahap pertama diperuntukkan untuk pedagang yang ber-KTP Makassar dan terdaftar di Dinas Koperasi Makassar. Untuk tahap selanjutnya baru ditujukan bagi pedagang dari luar.

Baca Juga: 9 Kudapan Khas Makassar dari Pisang, Enaknya Bikin Ketagihan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya