Fatmawati Rusdi Maju Caleg DPR RI 2024 Gantikan SYL di Dapil Sulsel I

Fatma nyatakan mundur dari jabatan

Makassar, IDN Times - Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, kini telah menjadi bakal calon legislatif (bacaleg) dari Partai NasDem untuk Pileg 2024. Dia maju sebagai calon anggota DPR RI dari Dapil Sulsel I yang meliputi Makassar, Gowa, Takalar, Bantaeng, Jeneponto, dan Selayar.

Majunya Fatma menggantikan posisi Syahrul Yasin Limpo yang kini terjerat kasus dugaan korupsi. Namun dia mengaku namanya telah lama didaftarkan di Dapil Sulsel I. 

"Sebenarnya kalau kemarin dilihat formasinya, kan 8 itu kurang 2 Sulsel I. Tapi saya kayaknya nomor urut 1," kata Fatma saat ditemui di Rujab Gubernur Sulsel, Kamis (5/10/2023).

1. Fatma akui nyaleg bukan karena kasus SYL

Fatmawati Rusdi Maju Caleg DPR RI 2024 Gantikan SYL di Dapil Sulsel IWakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi. IDN Times/Asrhawi Muin

Sebelumnya, Fatma mengaku bahwa pencalonannya itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan kasus hukum SYL. Dia menegaskan bahwa ini hanya momentum yang terkesan mendadak.

Dia menjelaskan dirinya sudah lama diminta oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk maju sebagai bacaleg DPR RI. Namun karena SYL terjerat kasus hukum, maka dia menggantikan posisinya.

"Tidak sih, sebelumnya kan sudah ada nama saya, melihat di dapil satu ada Pak SYL ternyata ada Ibu Indira juga, seiring dinamika politik ternyata seperti ini, saya kan pengurus DPP, pada saat diperintah Ketum saya iyakan," katanya.

2. Fatma mundur dari jabatannya

Fatmawati Rusdi Maju Caleg DPR RI 2024 Gantikan SYL di Dapil Sulsel IWakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi. Dok. Istimewa

Majunya Fatma sebagai bacaleg mengharuskan dia melepaskan jabatannya sebagai Wakil Wali Kota Makassar. Walau terkesan mendadak, namun dia harus mundur karena momentumnya sudah pas yaitu penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) yang tinggal sebulan yaitu 3 November 2023.

Dia juga telah bersurat kepada DPRD Kota Makassar perihal pengunduran dirinya. Setelah itu akan dibahas di rapat paripurna. Kemudian hasilnya dikirim kepada Kementerian Dalam Negeri.

"Sebelum DCT, surat penetapan dari Mendagri sudah harus di pegang seperti itu syaratnya untuk masuk DCT," kata Fatma.

Baca Juga: Nyaleg, Wakil Wali Kota Makassar Resmi Ajukan Surat Pengunduran Diri

3. Fatma akui ingin mengabdi untuk masyarakat

Fatmawati Rusdi Maju Caleg DPR RI 2024 Gantikan SYL di Dapil Sulsel IWakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi memantau skrining GeNose di SMP 6 Makassar, Senin (1/11/2021). Humas Pemkot Makassar

Fatma pun menjelaskan alasan dia maju karena ingin mengabdi kepada masyarakat yang lebih luas. Meski begitu, dia tetap merasa berat harus melepaskan jabatan yang telah diembannya sejak 2021 itu.

Terlebih lagi, dia sudah getol menjalanka program-program Pemerintah Kota Makassar. Di antaranya penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem.

"Kan saya daerah pemilihannya di sini, satu kata dari saya, saya pergi untuk sementara karena pasti saya kembali untuk masyarakat Kota Makassar," kata Fatma.

Baca Juga: Fatmawati Rusdi Pamit, Danny Pomanto Mengaku Syok

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya