Empat Koridor dan Rute Teman Bus di Makassar, Transportasi Massal Baru

Operasional Teman Bus diklaim lebih baik dari BRT

Makassar, IDN Times - Layanan jasa transportasi massal perkotaan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yaitu Teman Bus, kini hadir di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Rencananya, Teman Bus akan diluncurkan Sabtu,13 November 2021 di Lego-lego CPI.

Kepala UPT Mamminasata, Prayudi Syamsibar, mengatakan Teman Bus di Makassar hadir dengan empat koridor. Koridor 1 melayani Mal Panakkukang - Bandara Sultan Hasanuddin. Koridor 2 melayani Terminal Malengkeri - Kampus Unhas - Metro Tanjung Bunga. Koridor 3 melayani Pelabuhan Soekarno-Hatta - UIN Samata. Koridor 4 melayani Poltek Ujung Pandang - PIP Salodong.

"Setelah launching, kita lakukan (uji coba) di satu koridor dulu itu rute Mal Panakkukang - Bandara Sultan Hasanuddin," kata Prayudi melalui telepon, Jumat (12/11/2021).

1. Waktu tiba bus bisa dipantau di aplikasi

Empat Koridor dan Rute Teman Bus di Makassar, Transportasi Massal BaruAplikasi Teman Bus. IDN Times/Asrhawi Muin

Prayudi mengatakan mekanisme pelaksanan Teman Bus akan berjalan seprofesional mungkin. Hal ini bertujuan supaya Teman Bus tidak ditinggalkan masyarakat hanya karena sistemnya yang tidak jelas.

Dia mengakui bahwa moda transportasi pendahlu seperti BRT memang sempat tidak diminati lantaran rutenya tidak jelas dan membuat masyarakat menunggu lama. Kehadiran Teman Bus diharapkan mengubah stigma masyarakat tentang angkutan massal.

"Sekarang dilengkapi dengan aplikasi, bisa didownload di Playstore dan AppStore. Aplikasi berguna untuk mengetahui waktu tibanya bus di halte. Jadi bisa lebih terpantau dan kepastian waktu untuk menunggu," tuturnya.

2. Waktu tunggu hanya 7-10 menit

Empat Koridor dan Rute Teman Bus di Makassar, Transportasi Massal BaruTeman Bus hadir di Makassar. IDN Times/Istimewa

Prayudi mengatakan untuk saat ini jalur Teman Bus juga akan tergabung dengan kendaraan lainnya. Hanya saja, ada standar operasional prosedur di mana Teman Bus akan berada di jalur kiri. Jalur kanan hanya untuk mendahului dengan standar hitungan 10 detik saja.

"Itu semua terpantau sistem. Jadi betul-betul ini bantuan Kemenhub melihat dari beberapa layanan BRT yang bukan cuma Makassar tidak maksimal ada beberapa daerah yang begitu. Ini bantuan betul diperbaiki sesuai standar yang terbaru dan pola yang baru," katanya.

Nantinya akan ada 87 unit bus yang beroperasi untuk Teman Bus di Makassar, termasuk cadangan. Masing-masing koridor rata-rata ada 20 unit bus yang beroperasi.

"Karena tidak ada lagi kejadian kayak BRT dulu yang orang menunggu 1 jam belum tentu busnya lewat. Ini standar operasional waktu tunggu 7-10 menit maksimal," kata Prayudi.

Baca Juga: Warga Keluhkan Kemacetan Setiap Hari di Jalan Pettarani Makassar

3. Hanya menerima transaksi elektronik

Empat Koridor dan Rute Teman Bus di Makassar, Transportasi Massal BaruIlustrasi electronic money atau e-money (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Untuk pembayaran, Teman Bus hanya menerima pembayaran uang elektronik atau non tunai. Setiap penumpang harus top up dulu sebelum naik. Saat naik bus, penumpang akan tapping kartu dan saldo akan terpotong otomatis.

Namun di tahap awal, Teman Bus masih memberlakukan tarif Rp0 alias gratis. Saldo penumpang yang telah ditap tidak akan terpotong.

"Ada pembagian kartu e-Money dari bank kerjasama. Karena nanti walaupun awalnya gratis, tapi untuk menggunakan bus ini kita harus transaksi menggunakan kartu elektronik," katanya.

Baca Juga: Kemenhub Hadirkan Layanan Teman Bus di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya