Dua Ton Daging Anjing Diselundupkan dari Kalimantan ke Mamuju

Pengiriman daging anjing tidak disertai dokumen persyaratan

Makassar, IDN Times - Karantina Sulawesi Barat menggagalkan penyelundupan dua ton daging anjing saat pengawasan Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Mamuju, Jumat (23/12/2023). Pengiriman danjing tersebut diketahui berasal dari Kalimantan.

Dokter Hewan Karantina, I Gusti Bagus Ari Purwanda, mengatakan penggagalan penyelundupan ini bermula ketika mereka mencurigai adanya tetesan air dari 2 mobil pick up yang baru saja keluar dari kapal. Saat itu, pemilik mobil mengaku hanya mengangkut ikan.

"Awalnya si pemilik mengaku bahwa yang di atas mobil tersebut merupakan ikan, namun pejabat karantina tidak percaya dan tetap melakukan pemeriksaan, hasilnya ditemukan 120 ekor anjing yang telah mati," kata Gusti, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Sabtu (23/12/2023).

Baca Juga: UMP Sulbar 2024 Disepakati Rp2,9 Juta

1. Pengiriman daging anjing tidak dilengkapi dokumen persyaratan

Dua Ton Daging Anjing Diselundupkan dari Kalimantan ke MamujuIlustrasi penggeledahan/bongkar barang. (IDN Times/ Agung Sedana)

Gusti menuturkan kondisi anjing masih utuh dan belum dipotong menjadi beberapa bagian. Selain itu juga masih ada kepala dan bulunya. 

Daging tersebut rencananya akan dibawa ke Manado. Namun pengiriman daging anjing itu tidak memiliki dokumen pelengkap.

"Karena tidak dilengkapi dengan sertifikat karantina dari daerah asal, sementara daging tersebut kita tahan," kata Gusti. 

2. Karantina tingkatkan pengawasan

Dua Ton Daging Anjing Diselundupkan dari Kalimantan ke MamujuIlustrasi pemeriksaan/penyelidikan. (IDN Times/ Agung Sedana)

Sementara itu, Kepala Karantina Sulawesi Barat, Agus Karyono, mengingatkan kepada masyarakat untuk melengkapi dokumen persyaratan apabila melalulintaskan komoditas pertanian, baik itu masuk maupun keluar dari suatu daerah. Di samping itu, pihaknya juga meningkatkan pengawasan.

"Jelang libur Natal dan Tahun Baru, pejabat Karantina Sulbar yang berada di bandara dan pelabuhan se-Sulbar senantiasa meningkatkan pengawasan lantaran terdapatnya lonjakan arus penumpang dan barang atau komoditas pertanian," kata Agus. 

3. Data tindakan 3P sepanjang 2023

Dua Ton Daging Anjing Diselundupkan dari Kalimantan ke MamujuPengiriman babi ke Kalbar. (IDN Times/Istimewa).

Berdasarkan data tindakan 3P (Penahanan, Penolakan, dan Pemusnahan) terhadap komoditas hewan pada tahun 2023, Karantina Sulbar telah menahan penyelundupan hewan sebanyak 19 kali dengan jumlah sebanyak 72 ekor. Kemudian, penolakan sebanyak 45 kali dengan jumlah 171 ekor, sedangkan untuk pemusnahan yaitu sebanyak 11 kali dengan jumlah 18 ekor. 

"Tindakan 3P didominasi oleh ayam dan burung yang berasal dari Kalimantan yang tidak dilengkapi dengan dokumen persyaratan," kata Agus.

Baca Juga: Buronan Pembunuh Siswi SMA Mamuju, Diringkus di Balikpapan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya