DPRD Sulsel Rapat Paripurna Pemberhentian Andi Sudirman Jumat Besok

Segera umumkan nama-nama Pj

Makassar, IDN Times - DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sepakat menggelar rapat paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pada Jumat, 4 Agustus 2023 besok. Hal ini disampaikan Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari.

Andi Ina mengatakan rapat pemberhentian gubernur paling lambat 30 hari sebelum masa jabatan habis jika mengacu pada regulasi. Jika masa jabatan Sudirman berakhir pada 5 September 2023, maka rapat paripurna paling lambat 5 Agustus. Namun DPRD melalui Badan Musyawarah memilih menjadwalkannya pada 4 Agustus.

"Intinya itu paripurna isinya itu, paripurna pengumuman berakhirnya masa jabatan. Paripurnanya itu tanggal 4 Agustus. Karenakan aturan baik undang-undang maupun permendagri,  30 hari sebelum berakhir masa jabatan, maka melalui paripurna itu disampaikan," kata Andi Ina, Kamis (3/8/2023).

1. DPRD telah sampaikan rencana kepada Kemendagri

DPRD Sulsel Rapat Paripurna Pemberhentian Andi Sudirman Jumat BesokRapat paripurna DPRD Sulsel. IDN Times/Aan Pranata

Andi Ina menjelaskan pihaknya telah menyampaikan rencana dan jadwal itu kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara langsung. Pihaknya juga telah menjalankan tahapan pengajuan nama calon Pj sesuai aturan dan surat dari Kemendagri. 

"Karena kita harus segera juga menindaklanjuti surat dari Pak Menteri. Mengirimkan nama-nama yang kita tetapkan di DPRD Provinsi Sulsel," kata Andi Ina. 

2. Tiga nama calon Pj bakal diusulkan

DPRD Sulsel Rapat Paripurna Pemberhentian Andi Sudirman Jumat BesokGubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Istimewa

DPRD Sulsel nantinya akan mengusulkan 3 nama calon Pj ke Kemendagri. Andi Ina mengatakan nama-nama itu akan dikirim ke Kemendagri pada 9 Agustus 2023. 

Nama-nama ini merupakan kesepakatan dari semua fraksi. Setiap fraksi berhak mengusulkan satu nama.

"Nama-nama kandidat. Tapi pasti mengirim surat ke kita menjawab surat pimpinan. Karena pimpinan kita di DPRD kan sudah menyurat. Sisa dari masing-masing fraksi untuk mengirimkan nama-nama kandidat ke pimpinan. 

Baca Juga: Mencari Figur Pj Gubernur Sulsel Pengganti Andi Sudirman Sulaiman

3. Diharapkan seorang putra daerah

DPRD Sulsel Rapat Paripurna Pemberhentian Andi Sudirman Jumat BesokPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Humas Pemprov Sulsel

Lebih lanjut Andi Ina berharap siapa pun Pj Gubernur Sulsel nantinya adalah sosok putra daerah. Hal ini sejalan dengan Permendagri Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Wali Kota.

Karena kan baru di prediksi ini kan permintaan itu secara langsung oleh pusat dimintakan langsung ke daerah dalam hal ini DPRD. Ya, kita berharap amanah undang-undang Permendagri itu, Pak Presiden juga mempertimbangkan putra daerah," katanya.

Baca Juga: Bursa Pj Gubernur Sulsel, Nama Dirjen Perkebunan Kementan Mencuat

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya