Disdik Sulsel Usul Guru Daerah 3T Langsung Lulus PPPK, Tak Perlu Tes

Guru di daerah 3T dan SLB diusulkan tidak perlu seleksi

Makassar, IDN Times - Dinas Pendidikan (Disdik) Sulawesi Selatan (Sulsel) berencana mengajukan usulan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, agar guru-guru yang berada di 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) diprioritaskan dalam penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru. Demikian juga dengan guru-guru SLB (Sekolah Luar Biasa).

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Setiawan Aswad, mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan mengirimkan surat ke pemerintah pusat perihal permohonan pengajuan penerimaan PPPK guru yang berada di zona 3T dan SLB yang berada di wilayah kepulauan. Pengusulan itu mengingat tak mudah bagi seorang guru untuk mengajar di wilayah kepulauan.

"Kami mau mengirim surat ke pemerintah pusat kalau guru-guru kita yang di daerah 3T di pulau dan SLB tidak usah dites. Ini yang coba kita usulkan," kata Setiawan Aswad, Minggu (28/8/2022). 

1. Disdik identifikasi jumlah guru di daerah 3T dan SLB

Disdik Sulsel Usul Guru Daerah 3T Langsung Lulus PPPK, Tak Perlu TesIlustrasi seleksi PPPK (IDN Times/Musthofa Aldo)

Setiawan menyebutkan dalam proses penerimaan PPPK guru kali ini, ada usulan sekitar 10.000 kuota bagi guru yang bisa diterima oleh pemerintah pusat. Namun, yang harus diperhatikan oleh para guru honorer yaitu masalah formasi.

Jangan sampai seperti pada tahun sebelumnya di mana banyak peserta yang lolos namun formasinya tidak ada.

"Kami mengidentifikasi berapa banyak dan kita usulkan mereka supaya mereka ini menjadi prioritas pengangkatan saja, tidak usah dites. Selebihnya saya kira harus kami siapkan nanti," katanya.

2. Sulsel usul 10.385 formasi guru PPPK

Disdik Sulsel Usul Guru Daerah 3T Langsung Lulus PPPK, Tak Perlu TesIlustrasi seleksi. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Seperti diketahui, pada proses penerimaan PPPK pada tahun 2021, sebanyak 8.350 kuota PPPK guru. Pada tahap satu, peserta yang lulus sebanyak 1.669 orang dan tahap dua yaitu 1.761orang. 

Tahun ini, Pemprov Sulsel mengusulkan 10.385 formasi untuk guru pada rekrutmen PPPK nanti. Jumlah itu termasuk untuk mengisi kebutuhan guru yang cukup besar.

"Jadi memang kita harapkan ini dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh guru-guru honorer kita," kata Setiawan.

3. Guru honorer akan diberi pendampingan

Disdik Sulsel Usul Guru Daerah 3T Langsung Lulus PPPK, Tak Perlu TesAntara Foto/Adeng Bustomi

Kendati demikian, Disdik pun akan tetap memberikan bimbingan teknis secara online bagi guru honorer yang hendak ikut rekrutmen PPPK. Tujuannya agar peluang bagi mereka untuk lulus lebih besar.

"Kita akan coba apakah kita menyiapkan mereka melalui bimbingan tes online. Kan CAT. Di samping memang selama ini kita mengimbau mereka menyiapkan diri," kata Setiawan.

Baca Juga: SK PPPK Guru Tahap II di Sulsel Diserahkan Oktober 2022

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya