Dibangun 2017, Bendungan Pamukkulu di Takalar Segera Diresmikan

Proyek strategis nasional yang sempat mangkrak

Makassar, IDN Times - Pengerjaan Bendungan Pamukkulu di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, dilaporkan hampir rampung. Proyek pembangunan bendungan yang dibangun sejak 2017 itu hampir tuntas dan segera diresmikan.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Sulsel, Andi Darmawan Bintang, mengatakan peresmian bendungan tersebut mulai dipersiapkan. Pasalnya, bendungan itu akan segera dioperasikan.

"Balai dengan Kementerian PUPR berharap memang lebih cepat lebih bagus. Dalam hal untuk peresmian di mana untuk fungsi bendungan mulai dari dari penyediaan air, untuk air baku, listrik, juga bisa kita penuhi," kata Darmawan, Selasa (5/12/2023).

Baca Juga: Bendungan Pamukkulu di Takalar Siap Diresmikan Tahun Ini

1. Pembangunan dikebut sehingga lebih rampung lebih awal dari target

Dibangun 2017, Bendungan Pamukkulu di Takalar Segera DiresmikanIlustrasi bendungan sebagai salah satu infrastruktur. (Dok. Kemenkeu)

Pembangunan bendungan itu, kata Darmawan, telah melebihi 90 persen. Dia mengatakan bahwa pembangunan Bendungan Pamukkulu dikebut sehingga lebih cepat dari jadwal yang ditentukan.

"Meskipun demikian merupakan sesuatu hal yang sangat baik bagi kita yang dulunya akan beroperasi menjadi 2024 akhir tapi dipercepat menjadi akhir 2023," kata Darmawan.

2. Bendungan Pamukkulu memiliki banyak fungsi

Dibangun 2017, Bendungan Pamukkulu di Takalar Segera DiresmikanIlustrasi bendungan. Dok. Istimewa / WIjaya Karya (WIKA)

Jika nantinya rampung, Bendungan Pamukkulu memiliki beberapa manfaat. Di antaranya, mendukung irigasi untuk 6.188 hektar lahan, penyediaan air baku Kota Takalar 160 liter/detik, pengendalian banjir, konservasi sumber daya air, pembangkit listrik tenaga air 4,3 MW, dan pengembangan pariwisata.

Menurut Darmawan, semakin cepat bendungan itu beroperasi maka semakin cepat pula melayani daerah sekitarnya. Bandungan ini direncakan bisa menampung air, melayani irigasi hingga pengendalian banjir.

"Secara khusus untuk tahun depan tentu kita lebih berharap bahwa Bendungan Pamukkulu ini lebih bisa dimaksimalkan untuk penyediaan air terutama pada daerah di sekitarnya," kata Darmawan.

3. Salah satu PSN yang sempat mangkrak

Dibangun 2017, Bendungan Pamukkulu di Takalar Segera DiresmikanIlustrasi bendungan

Bendungan Pamukkulu merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN). Dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) RI melalui Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang.

Proyek ini mulai berjalan pada tahun 2017 dengan total perencanaan anggaran Rp1,7 triliun, yang berasal dari APBN dan utang luar negeri. Namun proyek terhenti hingga akhir 2019 karena permasalahan lahan.

Bendungan Pamukkulu rencananya menjadi yang terbesar ketiga di Sulsel, setelah Bendungan Bili-bili di Gowa dan Paselloreng di Wajo. Proyek berdiri di atas lahan seluas 640 hektare.

Baca Juga: Sempat Mangkrak, Bendungan Pamukkulu di Sulsel Mulai Dikerjakan 2020

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya