Demokrat Hampir Pasti Dukung Appi-Bando di Pilkada Makassar

Bos PSM Makassar itu tinggal menunggu rekomendasi tertulis

Makassar, IDN Times - Partai Demokrat kemungkinan besar akan menjatuhkan pilihan kepada pasangan Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando di pemilihan kepala daerah (pilkada) Makassar 2020. 

Ketua Komisi Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD) DPD Demokrat Sulsel, Selle Ks Dalle menyatakan partai berlambang bintang mercy hampir pasti mengusung pasangan tersebut. Appi yang merupakan bos klub sepak bola PSM Makassar akan diduetkan dengan Rahman, yang kini menjabat Sekretaris Daerah Kota Makassar.

"Belum keluar rekomendasi ke Appi-Bando, tetapi hampir pasti. Kalau kita kasih rekomendasi pasti kita pengusung," kata Selle saat dihubungi IDN Times, Senin (20/7/2020).

Baca Juga: Pilkada Makassar, Syamsu Rizal-Fadli Ananda Kantongi Rekomendasi PDIP

1. Demokrat belum mengeluarkan rekomendasi tertulis

Demokrat Hampir Pasti Dukung Appi-Bando di Pilkada MakassarLegislator DPRD Sulsel Selle KS Dalle. IDN Times/Aan Pranata

Selle mengatakan, sejauh ini Demokrat belum mengeluarkan rekomendasi secara tertulis untuk pencalonan di Pilkada Makassar. Namun dia berani menyebut bahwa dukungan partainya sudah pasti mengarah kepada pasangan Munafri-Rahman.

Menurut Selle, semua tahapan untuk mendapatkan rekomendasi sudah berproses di DPP Partai Demokrat. DPP juga disebut sudah hampir final memberikan rekomendasi kepada pasangan itu. 

"Kami melihat prosesnya itu sudah hampir pasti. Boleh dibilang prosesnya tinggal secara tertulis. Segala hal sebenarnya sudah tidak ada masalah secara mekanisme," kata Selle.

2. Belum pasti kapan rekomendasi akan diserahkan

Demokrat Hampir Pasti Dukung Appi-Bando di Pilkada MakassarIlustrasi Pencoblosan (IDN Times/Mardya Shakti)

Disinggung soal kapan rekomendasi tersebut akan diserahkan, Selle enggan berkomentar terlalu jauh. Menurutnya hal itu merupakan kewenangan dari DPP Partai Demokrat. 

"Soal itu (penyerahan rekomendasi) belum ada jadwal," katanya. 

Partai Demokrat sendiri memiliki lima kursi di DPRD MAkassar. Jika baru Demokrat yang mengusung Appi-Bando, maka pasangan tersebut masih membutuhkan lima kursi tambahan untuk bisa mendaftar ke KPU. Karena syarat mendaftar minimal 10 kursi. 

3. Tim APPI target 5 parpol

Demokrat Hampir Pasti Dukung Appi-Bando di Pilkada MakassarJubir tim Appi Muhammad Fadli Noor/Dok. IDN Times/Istimewa

Juru Bicara Appi, Muhammad Fadli Noor, sebelumnya menyebutkan ada 5 parpol yang menjadi target pengusung untuk Appi-Bando. Kelima partai itu adalah partai Berkarya, Perindo, Hanura, PPP, dan Demokrat.

Fadli mengatakan timnya terus merampungkan finalisasi rekomendasi partai politik. Mereka terus bergerilya membangun komunikasi politik secara intens pada semua parpol yang menjadi target untuk menjadi partai pengusung. 

"Insya Allah, Appi akan maju dengan dukungan koalisi parpol yang melebihi syarat minimal usungan," kata Fadli Noor.

Baca Juga: Pilkada Makassar, Ini Syarat Pencalonan dari Jalur Parpol

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya