Danny Pomanto Tegaskan Tak Ada Cacar Monyet di Makassar

Dua pasien suspek dinyatakan negatif

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto memastikan tidak ada kasus positif cacar monyet di daerahnya. Hal itu disampaikannya menyusul keluarnya hasil pemeriksaan laboratorium dua pasien suspek cacar monyet. 

Hasil pemeriksaan laboratorium itu menyatakan bahwa kedua orang pasien tersebut negatif cacar monyet. Danny sendiri telah menerima laporan hasil pemeriksaan tersebut.

“Hasil laboratoriumnya sudah keluar, dua-duanya alhamdulillah negatif. Jadi saya tegaskan tidak ada warga Kota Makassar yang terpapar cacar monyet,” katanya dalam siaran pers, Jumat (26/8/2022).

1. Pasien masih diisolasi di rumah sakit

Danny Pomanto Tegaskan Tak Ada Cacar Monyet di MakassarIlustrasi rumah sakit. (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin menjelaskan, hasil uji laboratorium yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Puslitbangkes Kemenkes RI). 

“Informasi dari provinsi, hasil dari Puslitbangkes kalau dua-duanya itu negatif. Berarti tidak ada cacar monyet di Makassar,” katanya.

Kedua pasien itu saat ini sedang menjalani isolasi atau perawatan di dua rumah berbeda. Satu pasien dirawat di RSUD Labuang Haji sedangkan pasien satunya lagi dirawat di RSP Universitas Hasanuddin.

2. Warga diimbau periksa jika ada gejala

Danny Pomanto Tegaskan Tak Ada Cacar Monyet di Makassarilustrasi ruam-ruam pada kulit (freepik.com/pch.vector)

Untuk mencegah penyebaran virus cacar monyet, pihaknya telah membuat posko pengaduan di seluruh kontainer Makassar Recover yang dulunya digunakan sebagai posko COVID-19. 

Dinas Kesehatan juga meningkatkan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) terhadap penyakit cacar monyet di 47 Puskesmas. Hal ini diharapkan memudahkan masyarakat yang hendak memeriksakan diri, khususnya jika memiliki gejala seperti cacar.

“Itu yang kita kuatkan bagaimana masyarakat melaporkan jika ada gejala-gejala seperti demam, sakit kepala, nyeri badan, segera memeriksakan diri ke Puskesmas ataupun Call Center 112,” katanya.

Baca Juga: Waspada Cacar Monyet, Dinkes Sulsel: Terapkan Pola Hidup Bersih

3. Perketat arus keluar masuk

Danny Pomanto Tegaskan Tak Ada Cacar Monyet di MakassarKondisi penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Senin (14/3/2022). Dok. Humas Bandara Sultan Hasanuddin.

Upaya lain untuk mengantisipasi merebaknya cacar monyet di Makassar, upaya yang dilakukan yaitu dengan memaksimalkan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandara maupun pelabuhan sebagai pintu masuk Kota Makassar.

"Kita perketat arus keluar masuk bandara dengan pelabuhan," kata Nursaidah.

Baca Juga: Hasil Lab Keluar, Dua Warga Makassar Negatif Cacar Monyet

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya