Danny Pomanto: PSEL Makassar Industri Pengolahan Sampah bukan TPA

PSEL akan berkonsep seperti industri pengolahan sampah

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, menegaskan proyek pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik (PSEL) tidak sama dengan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. Namun PSEL akan memiliki konsep seperti industri.

Hal ini disampaikan Danny lantaran dirinya menerima laporan perihal adanya penolakan dari beberapa masyarakat mengenai rencana pembangunan PSEL. Menurutnya, banyak yang salah kaprah dengan mengira PSEL akan menjadi TPA baru seperti di TPA Tamangapa, Antang.

"Bukan TPA yang mau dibuat ini tapi industri listrik, basis bahan bakarnya sampah yang tertutup semua. Bukan mau bikin TPA. Itu menyesatkan," kata Danny di Hotel Four Points, Makassar, Rabu (9/8/2023).

1. Kecamatan Tamalanrea masuk opsi lokasi PSEL

Danny Pomanto: PSEL Makassar Industri Pengolahan Sampah bukan TPATPA Tamangapa, Antang, Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Penolakan itu salah satunya datang dari sejumlah masyarakat di Kecamatan Tamalanrea. Pasalnya, Tamalanrea menjadi salah satu opsi dari rencana penentuan lokasi pembangunan PSEL.

Wilayah itu masuk dalam opsi sebab mengacu pada aturan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Makassar mengenai kawasan industri. Namun rupanya ada warga perumahan Bumi Tamalanrea Permai (BTP) terkait PSEL ini.

"Itu di Tamalanrea bukan di BTP, itu menyesatkan. Jelas sekali Tamalanrea. Saya tetap harus di tata ruang, orang jago bagaimana itu yang bilang di titik ini dan itu yang berada di luar tata ruang, tidak ada itu," kata Danny.

2. Danny sebut ada mis informasi soal PSEL

Danny Pomanto: PSEL Makassar Industri Pengolahan Sampah bukan TPAWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Danny, informasi yang beredar perihal penentuan lokasi PSEL ini termasuk penyesatan terhadap masyarakat. Bahkan, informasi ini, kata dia, datang dari salah satu konsorsium. Namun Danny enggan menyebutkan namanya.

"Penyesatan itu saya pastikan ada di antara tiga kandidat itu yang mohon maaf tidak saya sebut namanya itu, yang berusaha menyewa orang-orang untuk mengacaukan agar bisa menang," kata Danny.

Danny mengaku punya bukti tapi namun dia enggan membeberkan. Dia hanya menegaskan bahwa pembangunan proyek PSEL ini harus berjalan adil. 

"Ini ada orang yang mau menang, karena saya termasuk dihubungi tapi saya tidak mau campur itu urusan para ahli. Mereka presentasi, presentasi saja, mereka umumkan, umumkan saja," kata Danny.

Baca Juga: Pemenang Tender Proyek PSEL Makassar Diumumkan April 2023

3. Belum ada penetuan lokasi

Danny Pomanto: PSEL Makassar Industri Pengolahan Sampah bukan TPATPA Tamangapa, Antang, Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Hingga saat ini, Pemkot Makassar belum menentukan lokasi untuk pembangunan PSEL. Hal ini karena Danny juga belum menandatangani SK proyek tersebut.

Dia mengaku belum berani tanda tangan sebelum Legal Opinion (LO) dari Kejari dan Polda Sulsel keluar. Pasalnya, dia tidak ingin asal tanda tangan sehingga bisa berujung fatal di kemudian hari.

"Saya cuma minta legal opinion pada satu kata menyetujui. Karena kalau itu tidak jelas, kemudian hari orang sudah lupa, itu membahayakan karena kalau menyetujui itu berarti tim bekerja harus sampai saya setuju," kata Danny.   

Baca Juga: Walkot Makassar Belum Tanda Tangan SK PSEL, Tunggu Kejari dan Polda

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya