Danny Ingin PDAM Cari Sumber Air Tanah dengan Metode Geolistrik

Upaya mengatasi masalah kekeringan sebagian warga Makassar

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar M. Ramdhan 'Danny' Pomanto meminta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mencari sumber air baku dalam tanah untuk mengatasi masalah krisis air bersih.

Kesulitan air bersih kini dirasakan sebagian warga Makassar karena suplai air baku PDAM menyusut. Danny mengatakan, salah satu upaya mencari sumber air baru adalah memanfaatkan teknologi geolistrik.

Ini adalah cara pendugaan struktur di bawah permukaan tanah dengan alat khusus, yang salah satu fungsinya bisa mengetahui keberadaan sumber air. Danny menyebut teknologi itu bisa dimanfaatkan dengan menggandeng Universitas Hasanuddin.

"Teman-teman Unhas, kan mereka punya geolistrik yang bagus. Jadi, mencari air yang terbaik di musim kemarau seperti ini, air dalam tanah," kata Danny, Kamis (31/8/2023).

Baca Juga: Dampak El Nino, Air Baku PDAM Makassar di Leko Pancing Menyusut

1. Danny minta PDAM cari sumber air baku

Danny Ingin PDAM Cari Sumber Air Tanah dengan Metode GeolistrikIlustrasi (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Geolistrik, kata Danny, mampu menggambarkan kualitas air. Karena itu, PH air dapat dilihat walaupun belum diuji coba. Volume air juga bisa diukur.

Danny pun menginstruksikan PDAM Kota Makassar untuk mencari sumber air baru bersama Unhas menggunakan alat geolistrik. Sumber air baku harus dicari dalam tanah sebagai alternatif. 
 
"Karena kalau kita mau usul hujan buatan, itu tidak bisa karena tidak ada awan. Jadi satu-satunya adalah penyediaan air resorver bawah tanah," kata Danny.

2. Distribusi air tangki harus tetap berjalan

Danny Ingin PDAM Cari Sumber Air Tanah dengan Metode GeolistrikFoto hanya ilustrasi. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Di samping itu, Danny tetap menginstruksikan PDAM untuk terus mendistribusikan mobil tangki air bersih. Bahkan dia meminta supaya mobil tangki ditambah agar bisa lebih menjangkau masyarakat.

"Kalau itu tidak cukup, kita antisipasi September, Oktober, November, maka kita mobilisasi (air)," kata Danny.

Jika kondisi kekeringan dan krisis air bersih masih terjadi hingga beberapa bulan ke depan, maka Danny mengaku akan memobilisasi semua mobil tangki di Makassar mulai dari milik Pemkot Makassar hingga meminta bantuan TNI Polri.

"Yang penting sumber dan distribusi. Massyarakat sekarang sudah berteriak semua, soal air bersih," kata Danny.

3. Masyarakat harus lebih hemat air

Danny Ingin PDAM Cari Sumber Air Tanah dengan Metode GeolistrikIlustrasi penyaluran air bersih.ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Danny berharap sumber air baku dapat ditemukan dengan metode geolistrik. Metode geolistrik sendiri merupakan metode yang paling umum digunakan dalam mengidentifikasi keberadaan air tanah di bawah permukaan.

"Bisa dihitung volumenya. Kan kita sekarang tiga bulan jelas berapa yang tidak terlayani dan berapa kebutuhan air," katanya. 

Lebih lanjut, Danny juga meminta masyarakat agar lebih hemat air khususnya di musim kemarau ini. Sebisa mungkin masyarakat menggunakan air untuk kebutuhan pokok seperlunya saja.

"Masyarakat sudah harus hemat air, lalu kedua kita jangan mengotori sumber sumber air, itu tugas tugas masyarakat. Tugas kita (pemkot) itu tadi sumber dan distribusi air," kata Danny.

Baca Juga: Kekeringan, Warga NTI di Makassar Terpaksa Harus Beli Air Bersih

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya