Daftarkan Bacaleg ke KPU, NasDem Targetkan 12 Kursi di DPRD Makassar

NasDem ingin mengulang kemenangan di Pemilu 2019

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai NasDem Kota Makassar mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, Kamis (11/5/2023). Rombongan tiba  di kantor KPU sekitar pukul 14.00 WITA. 

Rombongan yang dipimpin oleh Ketua DPC Partai NasDem Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi, menyerahkan daftar nama 50 bacaleg yang akan bertarung di Pemilu 2024 mendatang. Dia juga menyerahkan semua dokumen yang dipersyaratkan ke KPU Makassar. 

"Ada 50 bacaleg yang kita daftarkan sesuai dengan dapil dan kurs," kata Andi Rachmatika saat memberikan keterangan usai pendaftaran bacaleg.

Baca Juga: PDI Perjuangan Ajukan 50 Bacaleg ke KPU Makassar

1. NasDem berkaca pada kemenangan Pemilu 2019

Daftarkan Bacaleg ke KPU, NasDem Targetkan 12 Kursi di DPRD MakassarKetua DPD Partai NasDem Makassar mengajukan daftar bakal calon legislatif ke KPU Makassar, Kamis (11/5/2023). (IDN Times/Ashrawi Muin)

Andi Rachmatika atau yang biasa disapa Cicu menyampaikan target NasDem untuk kursi DPRD Kota Makassar pada Pemilu 2024 nanti. Dengan percaya diri, NasDem menargetkan 12 kursi. 

Keyakinan NasDem ini berkaca pada kemenangan sebelumnya. Pada Pemilu 2019 lalu, DPD NasDem meraih 6 kursi dan keluar sebagai kampiun. Pada Pilkada 2020, pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang diusung NasDem juga berhasil terpilih. Dari situlah, NasDem bertekad untuk meraih 12 kursi legislatif.

"Target 12 kursi. Kita sudah menang pemilu 2014, kita menang Pilkada Kota Makassar 2020, tentu saja 2024 kita harus tetap menjadi pemenang," kata Cicu.

2. Dua petahana naik kelas

Daftarkan Bacaleg ke KPU, NasDem Targetkan 12 Kursi di DPRD MakassarKetua DPD NasDem Makassar Andi Rachmatika Dewi menyerahkan daftar bakal caleg kepada KPU Makassar. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Cicu juga menyampaikan bahwa dari 50 bacaleg yang didaftarkan, ada 4 orang petahana yang kembali bertarung di dapil yang sama. Selain itu, ada juga 2 petahana lain yang naik kelas yaitu Mario David dan Rudianto Lallo yang hendak bertarung di level nasional DPR RI.

Kedua figur tersebut telah dianggap memiliki suara yang kuat di dapil masing-masing yakni Mario David di Dapil III dan Rudianto Lallo di Dapil 2. Untuk melanjutkkan kemenangan dua figur tersebut di dapil masing-masing, NasDem telah menyiapkan bacalag yang dianggap mumpun.

"Kalau di dapil III, kita dua kursi. Kita sudah siapkan memang petarung-petarung dan insyaallah dua kursi itu akan kita tetap pertahankan bahkan kita target melebihi dari dua. Kemudian di dapil II, malah kita optimis bisa dapat dua kursi dengan komposisi hari ini," kata Cicu.

3. Keterwakilan perempuan lebih dari 30 persen

Daftarkan Bacaleg ke KPU, NasDem Targetkan 12 Kursi di DPRD Makassar(IDN Times/Sukma Shakti)

Terkait keterwakilan bacaleg perempuan, Cicu menyebutnya sudah terpenuhi. Bahkan ada beberapa dapil yang melebihi 30 persen keterwakilan perempuan yang dipersyaratkan. Dia menyebut hal ini sekaligus memenuhi aturan baru yakni Pasal 8 PKPU Nomor 10 tahun 2023 di mana keterwakilan perempuan di setiap dapil yang menghasilkan angka pecahan dibulatkan ke atas

"Seperti di dapil 3 tadi yang persoalan karena mereka tadi ada 11 kursi, kalau pembulatan itu harus 4 perempuan. Alhamdulillah memang di situ 4 (bacaleg)," kata Cicu.

Dia mengaku sebelumnya sempat berkonsultasi dengan KPU terkait penempatan bacaleg perempuan. Ibaratnya, jika ada 3 bacaleg laki-laki dalam satu dapil maka harus ada 1 bacaleg perempuan juga di sana.

"Partai NasDem sudah selesai dengan isu perempuan. Artinya kalau hanya 30 persen, itu hal yang tidak sulit untuk kami," kata Cicu. 

Baca Juga: NasDem Sulsel Sosialisasi Nomor Urut 5 lewat Lomba Kreasi Senam

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya