Capek-capek Latihan, Ratusan Anak Kecewa Batal Tampil di HUT Makassar

Wali Kota Makassar sampaikan permohonan maaf

Makassar, IDN Times - Perayaan HUT ke-415 Kota Makassar sejatinya disambut dengan suka cita dan senyum bahagia oleh warganya. Namun tidak bagi ratusan anak dan orang tuanya.

Ratusan anak yang masih duduk di bangku SD harus menelan kekecewaan lantaran batal tampil di puncak perayaan HUT ke-415 Kota Makassar yang berlangsung di Tribun Lapangan Karebosi, Rabu 9 November 2022 malam. Tak sedikit dari mereka yang menangis.

Bagaimana tidak, anak-anak yang masih polos itu telah mengikuti rangkaian latihan berhari-hari demi mempersembahkan penampilan terbaik mereka di acara tersebut. Sedianya, mereka harusnya tampil di depan para tamu penting di sana.

Sayangnya, acara kian berlangsung hingga larut malam. Hingga acara berakhir, mereka tetap tidak tampil. 

1. Viral di media sosial

Capek-capek Latihan, Ratusan Anak Kecewa Batal Tampil di HUT MakassarAnak-anak menangis lantaran batal tampil di perayaan HUT ke-415 Makassar, Rabu (9/11/2022). Tangkapan layar

Kekecewaan anak-anak tersebut terekam melalui video yang viral di media sosial. Tak hanya anak-anak, namun orang tua mereka pun tak luput dari kekecewaan.

"Kecewa anakku, 400 anak SD kecewa. Acara apa ini? Kurang ajar," demikian pernyataan seorang perempuan dalam video tersebut.

Di video itu pula, terlihat seorang anak perempuan berpakaian baju adat khas Makassar. Dia tampak menangis tersedu-sedu. Kemudian, terlihat pula rekaman anak-anak tersebut saat latihan di Lapangan Karebosi. 

Teks pada video tersebut menyebutkan bahwa anak-anak SD itu latihan siang malam selama dua minggu demi tampil maksimal di perayaan HUT ke-415 Kota Makassar. Namun, latihan keras tersebut menjadi sia-sia lantaran tak ditampilkan.

2. Wali Kota Makassar minta maaf

Capek-capek Latihan, Ratusan Anak Kecewa Batal Tampil di HUT MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Atas kejadian ini, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, menyampaikan permohonan maaf kepada anak-anak dan orang tuanya. Dia menyampaikan permohonan maaf itu melalui sebuah video singkat karena dirinya telah berada di Bali dalam rangka G20. 

"Izinkan saya untuk menyampaikan permohonan maaf saya kepada anak-anakku sekalian yang telah berlatih susah payah tapi tidak sempat tampil di ajang HUT Kota Makassar. Izinkan saya juga permohonan saya kepada para orang tua," kata Danny.

Dia mengakui bahwa acara tersebut molor sehingga berdampak pada anak-anak yang tidak jadi tampil. 

Danny pun berjanji akan membuatkan event lain untuk anak-anak tersebut. Mereka akan dibuatkan event spesial sehingga kerja keras dan hasil latihan mereka selama ini bisa ditampilkan di event tersebut.

"Saya akan membuatkan event spesial untuk itu. Terus berlatih, jangan pernah putus asa. Kepada para orang tua, sabar ki karena ini memang situasional. Mestinya acara dimulai jam 8 tapi akhirnya mulai jam 9 dan akhirnya penampilan anak-anak kita tidak bisa kita lakukan," kata Danny. 

3. Bakal dibuatkan event khusus

Capek-capek Latihan, Ratusan Anak Kecewa Batal Tampil di HUT MakassarPotret anak-anak yang seharusnya tampil di perayaan HUT ke-415 Kota Makassar, Kamis (9/11/2022). IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin, tak ketinggalan menyampaikan permohonan maaf kepada anak-anak dan orang tuanya. Dia juga mengakui bahwa acara tersebut memang molor. 

"Oleh karena itu, sekali lagi saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya dan insya Allah saya selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, kami sudah melaporkan kepada bapak Wali Kota bahwa kami sudah menyusun kalender event 18 Revolusi Pendidikan kepada seluruh satuan pendidikan yang ada di Kota Makassar," kata Muhyiddin.

Dia menjelaskan bahwa dalam kalender event 18 Revolusi Pendidikan, anak-anak yang telah latihan tersebut akan ditampilkan. Semua kepala sekolah yang terlibat dalam acara HUT itu juga telah diundang.

"Tentu kita memahami bahwa anak-anak kita pasti kecewa tidak tampil, apalagi kami sudah melatih beberapa hari dari dilatih oleh tim pelatih. 

Baca Juga: Danny Pomanto: Perayaan HUT Kota Makassar Bakal Digelar Sederhana

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya