Bus Trans Mamminasata Kini Terhubung dengan Kereta Api Sulsel

Bisa langsung naik bus ke stasiun

Makassar, IDN Times - Kereta api Makassar-Parepare jalur Maros-Barru telah diresmikan beberapa waktu lalu. Masyarakat yang hendak menggunakannya tidak perlu bingung.

Kini, moda transportasi Teman Bus atau bus Trans Mamminasata akhirnya terhubung dengan stasiun kereta api. Sebelumnya, rute ini telah diuji coba menggunakan bus Dinas Perhubungan Sulsel pada Februari 2023 lalu.

"Akses ini akan lebih memudahkan masyarakat, khususnya yang tetap ingin menggunakan jasa transportasi umum, dan ingin bepergian ke tiga kabupaten yang dilalui oleh KA," kata Kepala UPT Mamminasata, Andi Nurdiyana, Senin (3/4/2023).

Layanan ini hanya bisa dinikmati selama lima hari yakni Senin-Jumat. Pada Sabtu-Minggu, layanan ini ditutup. Untuk informasi jalurnya, pengguna bisa melihatnya langsung di aplikasi Teman Bus.

1. Teman Bus bisa diakses dari Mal Panakkukang

Bus Trans Mamminasata Kini Terhubung dengan Kereta Api SulselTeman Bus hadir di Makassar. IDN Times/Istimewa

Nurdiyana menyebut bus Trans Mamminasata akan dioperasikan untuk melayani pengguna kereta api Makassar-Parepare. Dengan begitu, masyarakat bisa lebih mudah mengakses stasiun kereta api.

Masyarakat bisa mengakses bus Trans Mamminasata di halte Mal Panakkukang Makassar mulai pukul 06.30. Bus akan bertolak ke Stasiun Maros, Depo Balai Kereta Api Sulsel.

Pengguna tidak perlu membayar mahal. Cukup membayar Rp4.600 menggunakan kartu tol atau e-money, pengguna dewasa bisa langsung menggunakan bus menuju stasiun. Untuk pelajar, layanan bus ini masih gratis.

"Bayarnya pakai e-toll Rp4.600 untuk dewasa, kecuali untuk pelajar masih gratis," kata Nurdiyana.

2. Bus siap menjemput penumpang

Bus Trans Mamminasata Kini Terhubung dengan Kereta Api SulselTeman Bus hadir di Makassar. IDN Times/Istimewa

Bus Trans Mamminasata tidak hanya melayani masyarakat yang datang dari arah Makassar ke stasiun Maros. Masyarakat yang datang dari arah Stasiun Garongkong Kabupaten Barru menuju Stasiun Maros juga akan dijemput.

"Kalau pulang dari Garongkong ada juga Teman Bus yang jemput. Jam 10, bus sudah pergi menjemput," kata Nurdiyana. 

Sebaliknya, penumpang yang turun di Stasiun Garongkong juga bisa memanfaatkan bus Damri untuk keluar stasiun. Bahkan penumpang bisa menggunakannya untuk menuju ke Parepare. Bus DAMRI ini disiapkan oleh Pemprov Sulsel.

"Yang jemput di masing-masing stasiun adalah Teman Bus dan Damri. Damri dari Barru ke Parepare," kata Nurdiyana.

3. Bisa digunakan menuju Parepare

Bus Trans Mamminasata Kini Terhubung dengan Kereta Api SulselTeman Bus yang beroperasi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Untuk masyarakat Parepare yang juga ingin mengakses kereta api, mereka bisa menggunakan jasa DAMRI dari Terminal Lumpur. Bus ini biasanya berangkat pukul 7.15 WITA.

Menurut Nurdiyana, hal ini cukup bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini mengingat bahwa Parepare telah menjadi sentra khusunya bagi masyarakat yang ingin mendatangi stadion BJ Habibi untuk menyaksikan laga-laga tandang PSM.

"Hanya saja sementara masa uji coba ini layanan integrasi BTS ini hanya sekali sehari. Jadi, masyarakat yang ingin ke Parepare bisa menggunakan akses ini keesokan harinya," kata Nurdiyana.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Proyek Kereta Api Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya