BKD Sulsel Usulkan 10.589 Formasi untuk Rekrutmen PPPK

Pemprov tidak membuka rekrutmen CPNS tahun ini

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berencana kembali membuka pengadaan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2022.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel telah mengirimkan daftar usulan formasi PPPK kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Plt Kepala BKD Sulsel Imran Jausi menyatakan ada 10.589 formasi kebutuhan PPPK Pemprov Sulsel yang dimasukkan melalui sistem e-Formasi. Secara umum, formasi itu meliputi tenaga guru dan non guru. 

"Untuk total keseluruhan formasi yaitu 10.589 formasi dibagi tenaga kesehatan 29, kemudian ada 173 tenaga teknis dan sisanya adalah formasi guru," jelas Imran melalui telepon, Senin (18/7/2022).

Baca Juga: Program Sejahterakan Dai, ACT dan MUI Sulsel Beda Keterangan

1. Jadwal seleksi masih menunggu petunjuk dari pusat

BKD Sulsel Usulkan 10.589 Formasi untuk Rekrutmen PPPKIlustrasi seleksi PPPK (IDN Times/Musthofa Aldo)

Imran menyampaikan formasi PPPK tersebut dimasukkan setelah adanya rasionalisasi data tentang kebutuhan pegawai seperti tenaga kesehatan, tenaga guru, tenaga penyuluh hingga tenaga teknis. Ketika usulan itu diterima, maka BKD akan mulai mempersiapkan rekrutmen PPPK.

"Belum ada (jadwal tes). Kita masih menunggu dari pusat. Sekarang ini semua daerah dikasih alokasi waktu data untuk menyusun formasi. Kita Sulsel selesai. Setelah itu tunggu berapa formasi yang diberikan," ucap Imran.

2. BKD siap membuka rekrutmen berskala nasional

BKD Sulsel Usulkan 10.589 Formasi untuk Rekrutmen PPPKSuasana Kantor Gubernur Sulsel. IDN Times/Asrhawi Muin

Imran menjelaskan setelah usulan formasi tersebut disetujui Kemenpan RB, maka pihaknya akan melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu pengumuman formasi dan proses seleksi. Dia pun berharap Kemenpan RB menyetujui usulan tersebut. 

"Kalau kita dikasih formasi sesuai usulan kita berarti kita siap-siap untuk melakukan rekrutmen tes secara nasional," kata Imran.

3. Tidak ada rekrutmen CPNS

BKD Sulsel Usulkan 10.589 Formasi untuk Rekrutmen PPPKIlustrasi CPNS (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Pemprov Sulsel pun kini lebih fokus pada rekrutmen PPPK karena menyusul dihapuskannya tenaga honorer pada November 2023 mendatang. Selain itu, Pemprov juga telah menegaskan bahwa tidak ada rekrutmen CPNS tahun ini sebagaimana kebijakan Kemenpan RB.

"Memang di tahun 2022 sudah disampaikan dari awal oleh Menpan-RB, kita tidak menerima lagi formasi PNS. Jadi ASN yang diterima itu hanya untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK)," kata Imran bulan Juni 2022 lalu.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Latih Vaksinator Penyakit Mulut dan Kuku pada Ternak

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya