Besok, Menko PMK Bakal Tinjau Budidaya Maggot di Bank Sampah Makassar

Budidaya maggot jadi solusi mengatasi sampah di Makassar

Makassar, IDN Times - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dijadwalkan ke Makassar untuk kunjungan kerja, Selasa (26/2/2022).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Aryati Puspasari Abadi mengatakan, Muhadjir diagendakan meninjau Bank Sampah Pusat (BSP) di Paccerakkang, Kecamatan Biringkanayya. Informasi tersebut berdasarkan surat resmi Kementerian PMK yang diterima Pemkot Makassar melalui Dinas Lingkungan Hidup.

“Jadi Pak Menteri nanti akan berkunjung ke sana (BSP Pacerakkang) untuk melihat bagaimana Bank Sampah di Kota Makassar melakukan budidaya maggot,” kata Puspa usai rapat terkait kedatangan Menko PMK di Balai Kota Makassar, Senin (25/7/2022).

Baca Juga: Makassar Kejar Target Nol Kasus Stunting

1. Budidaya maggot solusi mengatasi sampah

Besok, Menko PMK Bakal Tinjau Budidaya Maggot di Bank Sampah MakassarTumpukan wadah kuning yang berfungsi sebagai penyimpanan makanan untuk maggot di TPS Terpadu Unnes. IDN Times/Fariz Fardianto

Puspa menjelaskan, budidaya maggot yang berasal dari Black Soldier Flies (BSF) atau lalat hitam sudah dikembangkan oleh BSP Pacerakkang sebagai percontohan. Menurutnya, budidaya maggot merupakan solusi untuk mengatasi masalah sampah rumah tangga sebab maggot akan mereduksi sampah sisa-sisa makanan.

Peralatan dalam budidaya maggot di BSP Pacerakkang, kata Puspa, sangat lengkap dan sudah terintegrasi. Dengan begitu, pemeliharaannya mulai dari telur, larva, pre pupa, pupa hingga menjadi lalat dewasa bisa di lihat langsung di sana.

“Di sana ada juga mesin untuk mengekstraksi larva maggot menjadi minyak esensial yang baik untuk kecantikan dan pengobatan. Jadi di sana itu kita sudah bisa melihat bagaimana siklus pemeliharaan maggot,” jelasnya.

2. Maggot dikembangkan di beberapa bank sampah

Besok, Menko PMK Bakal Tinjau Budidaya Maggot di Bank Sampah MakassarIlustrasi sampah plastik (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Maggot sendiri adalah belatung atau larva dari lalat yang bisa ditemukan pada barang-barang yang telah membusuk seperti bangkai, buah, maupun sayuran yang rusak. Maggot memiliki potensi besar untuk dibudidayakan.

Selain di BSP Pacerakkang, budidaya maggot juga telah mulai dikembangkan di Bank Sampah lainnya di Kota Makassar seperti di Untia.

“Jadi di beberapa Bank Sampah lain itu kita sudah dikembangkan, cuma memang untuk perlengkapan itu paling lengkap dan pengelolaan yang paripurna itu di BSP Pacerakkang,” katanya.

3. Pemkot persiapkan kedatangan Menko PMK

Besok, Menko PMK Bakal Tinjau Budidaya Maggot di Bank Sampah MakassarIDN Times/Larasati Rey

Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan kedatangan Menko PMK. Rencananya, Menko PMK akan tiba di Makassar, Selasa 26 Juli 2022 besok.

“Insyaallah kami dari pemerintah kota sudah siap mendampingi Pak Menteri, dan lokus yang akan dikunjungi sudah kita siapkan,” kata Fatma.

Baca Juga: PPIH Debarkasi Makassar Sambut Kepulangan Jemaah Haji Mulai 28 Juli

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya