PPIH Debarkasi Makassar Sambut Kepulangan Jemaah Haji Mulai 28 Juli

Semua haji yang tiba menjalani pemeriksaan kesehatan

Makassar, IDN Times - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar bersiap menyambut kepulangan jemaah haji dari Arab Saudi. Kelompok terbang pertama dijadwalkan tiba di Makassar, 28 Juli 2022.

"Kami sudah siap menjemput jemaah haji. Nanti tanggal 27 (Juli) kami rapat lagi untuk bisa mengecek semuanya," kata Sekertaris PPIH Embarkasi/Debarkasi Makassar Ikbal Ismail kepada IDN Times Sulsel, Senin (25/7/2022).

Baca Juga: 7.160 Orang Jemaah Haji Berangkat lewat Asrama Haji Makassar

1. Siapkan fasilitas kesehatan

PPIH Debarkasi Makassar Sambut Kepulangan Jemaah Haji Mulai 28 JuliIlustrasi jemaah haji Indonesia saat tiba di Tanah Air. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Ikbal menyatakan, PPIH Debarkasi Makassar antara lain menyiapkan fasilitas kesehatan. Poliklinik kesehatan siap menyambut para jemaah untuk pemeriksaan kesehatan begitu tiba di Makassar.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulsel dan Kanwil Kantor Kesehatan Perlabuhan (KKP) juga sudah menyiapkan ambulans dan rumah sakit rujukan terdekat bila ditemukan jemaah haji dalam keadaan darurat kesehatan yang butuh penanganan lebih lanjut.

"Dan kemudian di asrama haji kami akan berkoordinasi dengan pihak Dinkes agar menyiapkan tim untuk memeriksa jemaah haji yang baru datang. Jadi mereka akan melakukan screening dengan Thermal Scanner," ujar Ikbal dalam keterangannya.

"Apabila ditemukan gejala Covid-19 maka akan dilakukan pemeriksaan lanjutan yakni antigen atau PCR. Apabila ditemukan reaksi ringan maka akan dilakukan isolasi oleh satgas covid daerah. Apabila ditemukan reaksi berat maka akan dilarikan ke rumah sakit yang telah ditetapkan," lanjutnya.

2. Jemaah haji diberi kartu kesehatan

PPIH Debarkasi Makassar Sambut Kepulangan Jemaah Haji Mulai 28 JuliSalah satu gedung di Asrama Haji Sudiang di Makassar,Selasa (27/7/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Ikbal mengatakan, jemaah haji yang melalui pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji Debarkasi Makassar akan diberi kartu kewaspadaan kesehatan. Kartu berisi data-data mengenai kesehatan jemaah.

"Kartu ini dapat dipergunakan untuk melakukan pemeriksaan di puskesmas atau rujukan ke rumah sakit," jelas Ikbal.

3. Jemaah haji dapat jatah air zamzam gratis

PPIH Debarkasi Makassar Sambut Kepulangan Jemaah Haji Mulai 28 JuliAir Zam Zam Masjidil Haram. (Kemenag.go.id)

Ikbal Ismail menekankan bahwa jemaah haji akan mendapatkan jatah air zamzam gratis dari Kementerian Agama. Air zamzam diberikan begitu jemaah haji tiba. Sebagian air zamzam juga sudah didistribusi ke daerah asal jemaah.

"Air zamzam standby di asrama haji, dan sebagian daerah sudah mengambil. Nanti panitia daerah yang distribusi ke jemaah masing-masing, jatah air zamzam dari pemerintah lima liter tiap jemaah," katanya.

Baca Juga: Hingga Hari Ke-49, Dua Peserta Haji 2022 Asal Embarkasi Makassar Wafat

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya