Comscore Tracker

Bendera Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Pulau Kodingareng Keke

Membangun nasionalisme dari bawah laut

Makassar, IDN Times - Banyak cara untuk merayakan HUT Kemerdekaan ke-77 RI yang jatuh pada Rabu 17 Agustus 2022. Di Makassar, Sulawesi Selatan, sejumlah penyelam mengibarkan bendera merah putih di dasar laut.

Tepatnya, pengibaran bendera merah putih itu berlangsung di perairan sekitar Pulau Kodingareng Keke, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar, Selasa (16/8/2022) sore. Kegiatan ini diadakan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel dan melibatkan 12 klub penyelam.

"Ada sekitar 20 orang penyelam perwakilan masing-masing klub. Mereka menyelam hingga kedalaman sekitar 15-20 meter," kata Kepala Cabang Dinas Kelautan Mamminasata, Sayyid Zainal Abidin, saat diwawancarai IDN Times.

1. Bendera dikibarkan pada perahu pinisi

Bendera Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Pulau Kodingareng KekeBeberapa penyelam sedang mengibarkan bendera merah putih di perairan sekitar Pulau Kodingareng Keke Makassar, Rabu (16/8/2022). Dok. DKP Sulsel

Selain itu, pengibaran bendera merah putih itu juga dirangkaikan dengan peluncuran tranplantasi terumbu karang. Para penyelam turun ke dasar laut membawa sebuah perahu Pinisi berukuran kecil. Bendera tersebut dikibarkan pada bagian layar Pinisi. 

Pinisi sendiri merupakan jenis perahu layar khas Sulsel yang berasal dari Kabupaten Bulukumba. Pinisi telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada akhir 2017.

"Ini kan tadi dirangkaikan dengan launching transplantasi terumbu karang model perahu pinisi. Namanya Phinisi Andalan. Jadi kita transplantasi karang sekaligus pengibaran bendera di layarnya pinisi," kata Sayyid.

2. Nasionalisme bisa tumbuh dari laut

Bendera Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Pulau Kodingareng KekePara penyelam sedang bersiap mengibarkan bendera merah putih di perairan sekitar Pulau Kodingareng Keke Makassar, Rabu (16/8/2022). Dok. DKP Sulsel

Pengibaran bendera di bawah laut ini, kata Sayyid, merupakan kali kedua. Tahun lalu, pihaknya juga mengadakan kegiatan serupa di perairan sekitar Pulau Samalona yang sekaligus dirangkaikan dengan aksi bersih pantai.

Sayyid menjelaskan pengibaran bendera di bawah laut merupakan bentuk dari nilai-nilai nasionalisme. Selain itu, kegiatan tersebut akan selalu dirangkaikan dengan hal-hal berbau ekosistem, khususnya ekosistem laut.

"Pengibaran bendera di bawah laut itu kita mau tunjukkan ke masyarakat kalau di bawah laut, nasionalisme itu tumbuh. Dari dasar laut nasionalisme ditumbuhkan," kata Sayyid.

Baca Juga: [FOTO] Pemkot Makassar Bentangkan Bendera Merah-Putih 1 Km di Losari

3. Promosi pariwisata dan menjaga ekosistem laut

Bendera Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Pulau Kodingareng KekePara penyelam sedang bersiap mengibarkan bendera merah putih di perairan sekitar Pulau Kodingareng Keke Makassar, Rabu (16/8/2022). Dok. DKP Sulsel

Tak melulu soal nasionalisme, pengibaran bendera merah putih di dasar laut itu, kata Sayyid, memberikan nilai lain yakni promosi pariwisata dan mempertahankan ekosistem laut.

Salah satunya yaitu sekaligus bentuk promosi terhadap Pulau Kodingareng Keke. Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata bahari di Makassar yang menawarkan keindahan alam.

"Kemudian, itu kita lakukan dengan transplantasi karang. Transplantasi karang ini ada 5 titik yang kami lakukan. Di Makassar tiga ititik, di Takalar 2 titik. Ini kegiatan restorasi karang yang kami lakukan," katanya.

Baca Juga: Bendera Merah Putih 65 Meter akan Dibentangkan di Pantai Losari

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya