Bank Indonesia Sebar 1,9 Juta Lembar Uang Pecahan Rp75.000 di Sulsel

Satu KTP hanya bisa dapat selembar

Makassar, IDN Times - Bank Indonesia (BI) memberikan jatah 1,9 juta lembar uang baru pecahan Rp75.000 untuk wilayah Sulawesi Selatan. Secara nasional, uang baru khusus untuk memperingati HUT ke-75 RI ini hanya diproduksi 75 juta lembar.

Uang ini bisa dimiliki masyarakat umum. BI melalui kantor perwakilan di setiap daerah telah menyediakan layanan untuk penukaran uang tersebut. 

""Itu untuk tahap awal, dengan asumsi penukaran dilakukan 150 lembar penukaran di Makassar per hari," kata Kepala Grup Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (SPPUR) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan, Iwan Setiawan, dalam zoom meeting bersama awak media, Selasa (18/8/2020).

1. Penukaran hanya boleh satu lembar tiap satu KTP

Bank Indonesia Sebar 1,9 Juta Lembar Uang Pecahan Rp75.000 di SulselPeluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI yang bernilai Rp75000 (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Meski demikian, penukaran uang baru ini hanya bisa dilakukan satu kali untuk satu penggunaan kartu identitas dalam hal ini adalah KTP. Hal ini dimaksudkan supaya distribusi uang tersebut merata.

"Artinya, setiap orang hanya berhak memiliki satu lembar uang pecahan khusus UPK ke-75 RI ini," ujar Iwan.

Untuk mendapatkan uang Rp75.000 ini, bisa dengan mengakses situs https//pintar.bi.go.id untuk mendapatkan jadwal penukaran. Setelah itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain membawa KTP asli dan membawa bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital.

Selanjutnya, melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang telah dipilih sesuai yang tertera pada bukti pemesanan. Data Nama dan NIK yang tercantum pada bukti pemesanan sesuai dengan KTP asli yang dibawa pada saat penukaran.

2. Penukaran akan dibuka di lima bank umum

Bank Indonesia Sebar 1,9 Juta Lembar Uang Pecahan Rp75.000 di SulselPeluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI yang bernilai Rp75000 (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah BI Sulsel, Ali Afthan, juga mengatakan bahwa saat ini penukaran uang masih dilakukan melalui Bank Indonesia dengan melakukan pendaftaran terlebih dulu secara daring atau online.

"Setelah tahap ini kita akan dibuka layanan penukaran uang baru di lima bank umum yang telah ditunjuk BI. Di antaranya Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, dan CIMB Niaga," kata Ali.

Penukaran uang baru pada periode Agustus ini telah memenuhi kuota dengan jumlah 150 peserta yang akan menukarkan uang per hari. Ali menyebut, pendaftaran masih akan dibuka pada bulan selanjutnya, selama persediaan masih ada. 

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Triwulan II Tahun 2020 Minus 3,87 Persen

3. Uang Rp75.000 dicetak khusus untuk peringatan HUT ke-75 RI

Bank Indonesia Sebar 1,9 Juta Lembar Uang Pecahan Rp75.000 di SulselPeluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI yang bernilai Rp75000 (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Diketahui, UPK 75 Tahun RI bukan hanya bernominal Rp75.000 tapi juga dicetak sebanyak 75 juta lembar sesuai dengan HUT ke-75 Indonesia.

Uang ini telah didesain sejak 2018 lalu, dengan melibatkan beberapa pihak seperti budayawan, sejarawan, keluarga proklamator, Kementerian Sosial, Kementerian Hukum dan HAM hingga Presiden.

Baca Juga: WALHI Duga Polda Sulsel Diintervensi Soal Penyelidikan Banjir Masamba

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya