Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Mulai Bersiap jelang Libur Nataru

Jumlah penumpang mulai meningkat 26 persen

Makassar, IDN Times - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) sebentar lagi tiba. Puncak libur Nataru diprediksi berlangsung pada 23 hingga 30 Desember 2022.

Pihak pengelola Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Sulawesi Selatan pun mulai mempersiapkan diri menjelang puncak liburan Nataru. Di antaranya, mendirikan Posko Monitoring Angkutan Udara di bandara.

Posko tersebut akan melayani calon penumpang selama periode Natal dan Tahun Baru 2022 pada 17 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

1. Posko memberikan informasi pada calon penumpang

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Mulai Bersiap jelang Libur NataruIlustrasi. Kondisi Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Iwan Risdianto, menyatakan posko tersebut akan memberikan informasi kepada calon penumpang, seperti informasi jadwal penerbangan dan sebagainya.

"Informasi penerbangan dan syaratnya yang harus dipenuhi sebelum terbang dan informasi lainnya yang dibutuhkan calon penumpang," kata Iwan, Senin (12/12/2022).

2. Pastikan kesiapan petugas hingga fasilitas

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Mulai Bersiap jelang Libur NataruBandara Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat 16 April 2021. IDN Times/Irwan Idris

Hingga kini, pihak Bandara Sultan Hasanuddin terus berupaya memastikan semua kesiapan petugas di lapangan, termasuk prosedur serta fasilitas utama dan pendukung.

Selain itu, mereka juga berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Otoritas Bandara, TNI AU, kepolisian, maskapai dan groundhandling serta stakeholder lainnya untuk mempersiapkan keamanan dan kelancaran operasional penerbangan.

Kemudian, membuat contingency plan (rencana cadangan) untuk mengantisipasi permasalahan operasional di Bandara. Dengan Maskapai, pihak bandara berkoordinasi tentang persiapan untuk mengakomodir kebutuhan tambahan penerbangan.

3. Jumlah penumpang mulai meningkat 26 persen

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Mulai Bersiap jelang Libur NataruKondisi penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Senin (14/3/2022). Dok. Humas Bandara Sultan Hasanuddin.

Untuk penumpang sendiri, Iwan menyebutkan mulai ada peningkatan penumpang dibandingkan jelang libur Nataru 2021 lalu. Jumlah penumpang diprediksi akan terus meningkat hingga mencapai puncak masa libur.

"Untuk kenaikan jumlah penumpang sekitar 26 persen dibanding tahun lalu," kata Iwan.

Berdasarkan data BPS per Oktober 2022, jumlah penumpang domestik mencapai 799 ribu orang atau 12,49 persen. Sementara penumpang mancanegara mencapai 34 ribu orang atau 4,65 persen.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Usul Perluasan Bandara Sultan Hasanuddin Dilanjutkan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya