Bahtiar Sampaikan Duka Cita untuk Korban Kapal Tenggelam di Pangkep

Tujuh penumpang meninggal akibat kapal tenggelam

Makassar, IDN Times - Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, menyampaikan belasungkawa atas korban tewas pada peristiwa KM Reski yang tenggelam di perairan Pangkep. Basarnas melaporkan ada tujuh penumpang tewas, sepuluh lainnya selamat.

KM Reski tenggelam saat berlayar di perairan antara Pulau Balang Caddi dan Muara Sungai Pangkep, Kecamatan Liukung Tuppabiring, Kabupaten Pangkep, Sabtu (2/12/2023).

"Innalilahi Wainnailahi Rojiun, atas nama pemerintah dan masyarakat menyampaikan duka mendalam atas tenggelamnya KM Reski di Perairan Pangkep," kata Bahtiar melalui keterangan tertulisnya, Senin (4/12/2023).

Baca Juga: UPDATE Basarnas: Kapal Tenggelam di Laut Pangkep, Total 17 Korban

1. Bahtiar turut bersedih atas korban meninggal dunia

Bahtiar Sampaikan Duka Cita untuk Korban Kapal Tenggelam di PangkepPj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. IDN Times/Ashrawi Muin

Bahtiar mengaku bersedih saat menerima laporan perihal kecelakaan lalu lintas laut tersebut. Dia pun menyampaikan doa untuk keluarga korban.

"Kami sangat sedih mendapatkan kabar peristiwa ini. Saudara, anak dan orang tua menjadi korban tenggelamnya kapal. Doa dan belasungkawa untuk korban dan keluarga," katanya.

2. Proses evakuasi korban

Bahtiar Sampaikan Duka Cita untuk Korban Kapal Tenggelam di PangkepPenyelamatan penumpang kapal tenggelam di perairan Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan, Sabtu (2/12/2023). (Dok. Istimewa)

KM Rezki merupakan jenis kapal pengangkut barang. Kapal yang dinahkodai oleh Abdul Latief ini mengangkut 17 orang penumpang yang terdiri dari 2 orang anak perempuan, 10 orang dewasa perempuan dan 5 orang laki-laki.

Kapal ini berangkat dari Pulau Pajenekang dengan tujuan Sungai Pangkajene. Ketika kapal yang telah melewati Pulau Balang Caddi mendekati muara sungai, tiba-tiba angin kencang dan ombak besar menghantam kapal sehingga oleng ke kiri. Kapal pun tidak bisa dikendalikan sehingga penumpang yang ada di atasnya jatuh ke laut.

Di saat bersamaan, kapal penumpang dari Barang Lompo dan Pulau Balang Caddi melewati lokasi kejadian. Mereka melihat 12 korban di laut, sehingga kedua kapal langsung menolong korban.

3. Bahtiar berterima kasih kepada pihak yang bantu evakuasi korban

Bahtiar Sampaikan Duka Cita untuk Korban Kapal Tenggelam di PangkepIlustrasi insiden kapal laut. (IDN Times/Arief Rahmat)

Usai kejadian, sebanyak 10 orang penumpang berhasil diselamatkan dan 2 orang korban meninggal langsung dilarikan ke Puskesmas untuk perawatan medis.

Selanjutnya, Kapal Patroli KPLP KN P 373 bergerak ke lokasi bersama warga Pulau Pajenekang menggunakan perahu. Satu persatu korban hilang pun ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Bahtiar pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu evakuasi korban. Selanjutnya, BPBD Provinsi Sulawesi Selatan akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Pangkep terkait peristiwa ini. 

Terima kasih untuk elemen yang sudah membantu evakuasi," kata Bahtiar.

Baca Juga: Identitas Penumpang Kapal Tenggelam di Pangkep, Tiga Orang Dicari

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya