ASN Pemprov Sulsel Mulai Jalankan Imbauan Mengaji sebelum Bekerja

Imbauan mengaji berdasar Surat Edaran Plt Gubernur Sulsel

Makassar, IDN Times - Aparatur Sipil Negara (ASN) beragama Islam di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, diimbau mengaji sebelum memulai pekerjaan di kantor setiap hari. Aktivitas itu berdasar Surat Edaran Gubernur Sulawesi Selatan 451/10533/B.KESRA, agar pegawai negeri lebih disiplin bekerja.

Menurut Plt Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Muhammad Hasim, aktivitas tersebut lambat laun mulai berjalan. Apalagi, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta mengawasi stafnya masing-masing.

"Ini kan adalah pembiasaan. Beberapa OPD sudah mengirimkan laporannya ke Gubernur bahwa di OPD mereka sudah melakukan membaca Alquran sebelum memulai bekerja," kata Hasim melalui telepon, Rabu (10/11/2021).

1. Mengaji minimal dua halaman per hari

ASN Pemprov Sulsel Mulai Jalankan Imbauan Mengaji sebelum BekerjaIlustrasi Alquran (IDN Times/Umi Kalsum)

Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, mengeluarkan Surat Edaran tentang imbauan Gerakan Salat Berjamaah dan Literasi Al-Qur'an bagi ASN beragama Islam di lingkup Pemprov Sulsel. Surat bernomor 451/10533/B.KESRA itu diteken pada 29 Oktober 2021.

Ada dua poin yang diterangkan dalam surat tersebut. Poin pertama yaitu mengimbau kepada seluruh ASN yang beragama Islam di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk membaca alquran. Minimal dua halaman per hari sebelum memulai pekerjaan.

Poin kedua yakni menghentikan seluruh kegiatan saat azan berkumandang. Dan segera melaksanakan salat secara berjemaah di masjid atau musalla terdekat. Diterangkan bahwa poin ini sekaligus dalam rangka tertib waktu jeda kantor.

2. Menumbuhkan tradisi Islam

ASN Pemprov Sulsel Mulai Jalankan Imbauan Mengaji sebelum BekerjaSuasana Masjid Amirul Mukminin (Masjid Terapung) yang berada di area sayap barat dan Anjungan Makassar Pantai Losari Makassar. (Dok. Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI)

Hasim menyebutkan ada beberapa hal positif yang bisa terbentuk bagi ASN muslim melalui aturan tersebut. Misalnya, dengan membaca Alquran 2 lembar per hari, lama-kelamaan dapat bertambah menjadi 1 juz setiap hari.

Menurut Hasim, aturan itu penting karena membaca Alquran bisa menenangkan hati dan mendekatkan kepada Sang Pencipta. Dengan begitu, kebiasaan tersebut dianggap bisa mencegah ASN Pemprov Sulsel dari perbuatan yang bertentangan dengan aturan.

"Jadi bagaimana kita menumbuhkan tradisi Islam di lingkup pemprov. Kemudian bagaimana memuliakan dan membiasakan membaca Alquran," katanya.

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel Larang ASN Mudik, kecuali Alasan Perjalanan Dinas

3. Berdampak positif bagi ASN

ASN Pemprov Sulsel Mulai Jalankan Imbauan Mengaji sebelum BekerjaIlustrasi PNS/ASN. IDN Times/Irwan Idris

Nurul, seorang ASN Pemprov Sulsel, menilai aturan tersebut sebagai kebijakan yang sangat positif. Dia merasa aturan itu akan menjadikan dirinya sebagai pribadi yang lebih bertanggung jawab dan selalu berada di rambu yang benar.

"Karena kita bekerja ini selalu diingatkan bahwa ini adalah sebagian daripada ibadah dan untuk waktu salat tepat waktu. Saya pikir juga kebijakan ini luar biasa karena melatih kita untuk disiplin," katanya.

Bagi Nurul, menunda salat sama dengan menunda pekerjaan. Jadi jika salatnya tepat waktu maka pekerjaan yang lain otomatis akan teratur.

"Beberapa hari setelah aturan tersebut kita semua sudah saling mengingatkan di antara teman-teman ketika azan berbunyi untuk menghentikan pekerjaan dan kemudian bergegas untuk salat dan sebelum bekerja pun kita berupaya untuk melaksanakan anjuran dari Plt," katanya.

Baca Juga: ASN Pemprov Sulsel Diimbau Mengaji 2 Halaman sebelum Bekerja

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya