Akhir Masa Jabatan, Andi Sudirman Titip Program Mandiri Benih

Dianggap berkontribusi pada peningkatan produksi padi

Makassar, IDN Times - Masa jabatan Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan akan berakhir pada 5 September 2023 mendatang. Di akhir masa jabatannya, dia ingin program Mandiri Benih terus dilanjutkan.

Program Mandiri Benih, kata dia, penting diteruskan karena telah berhasil meningkatkan produktivitas pertanian Sulsel. Tahun lalu, Sulsel menjadi produsen beras tertinggi nasional dengan stok mencapai 2,08 juta ton. Surplus didukung oleh inovasi Program Mandiri Benih yang menaikan produksi padi Sulsel 269.500 ton (data BPS). 

"Kita ada program Mandiri Benih tahun lalu. Kita akan berikan 100 ribu hektar. Salah satu faktor untuk pertanian padi 250 ribu ton dalam setahun," kata Sudirman, Selasa (16/8/2023).

Baca Juga: Program Mandiri Benih Sulsel Disiapkan Jadi Pilot Project Nasional

1. Diharapkan menjadi program berkelanjutan

Akhir Masa Jabatan, Andi Sudirman Titip Program Mandiri BenihPenyaluran bibit gratis untuk program Mandiri Benih pada 19 Mei 2023. Dok. Humas Pemprov Sulsel

Meski masa jabatannya berakhir, dia ingin supaya Mandiri Benih menjadi program berkelanjutan. Untuk melanjutkan program tersebut, kata dia, dibutuhkan konsistensi dalam penganggaran.

"Kedua pola metodologi yang kita punya itu tadi perpaduan antara penangkaran unggul yang kita punya," kata Sudirman.

Kemudian, harus ada pendampingan selama penangkaran. Ada pula pelatihan sekolah lapang untuk para petani mengenai waktu tanam yang tepat, cara menanam dan seleksi benihnya.

Benih yang dikemas nantinya adalah benih unggulan. Namun tetap harus diseleksi ulang sebelum ditanam.

"Kemudian bagaimana pola tanam, kapan waktu tanam, tudang sipulungnya, ini harus edukasi bibit yang unggul, dengan cara pemilihan yang baik dan waktu tanam yang baik. Tentu juga jarak tanah yang bagus," kata Sudirman.

2. Dimasukkan untuk program tahun depan

Akhir Masa Jabatan, Andi Sudirman Titip Program Mandiri BenihIlustrasi pertanian (Dok. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

Untuk memastikan bahwa program Mandiri Benih akan berlanjut, Sudirman telah memasukkan program itu untuk tahun depan. Pelaksanaannya nanti merujuk pada tahun ini. 

Menurutnya, jika program Mandiri Benih dilaksanakan pada 2024 maka akan lebih baik. Hal ini karena penganggaran program itu sudah termaktub dalam RKD (Rekening Kas Desa) 2024-2026.

"Sudah masuk dalam capaian target. Jadi, harusnya dengan jalan normal kemudian dengan sedikit akselarasi itu akan justru berkesinambungan," kata Sudirman.

3. Sudirman dapat penghargaan pertanian

Akhir Masa Jabatan, Andi Sudirman Titip Program Mandiri BenihGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menerima penghargaan Adhikarya Naraya dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Jakarta, Senin (14/8/2023). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Di sisi lain, Sudirman baru-baru ini menerima penghargaan nasional Adhikarya Nararya Pembangunan Pertanian diserahkan Wakil Presiden, Prof. KH. Ma'ruf Amin di Aula Istana Wakil Presiden, Senin 14 Agustus 2023. 

Penghargaan ini diberikan karena dinilai berkontribusi dan berhasil dalam mendukung strategi pencapaian peningkatan produksi pertanian. Penghargaan ini juga terkait upaya mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Dampak Perubahan Cuaca Ekstrim (El Nino).

"Kita mendapatkan penghargaan untuk pertanian. Tentu ini tidak lepas daripada produktivitas tahun lalu," kata Sudirman.

4. Mandiri Benih berikan bibit gratis untuk petani

Akhir Masa Jabatan, Andi Sudirman Titip Program Mandiri BenihIlustrasi pertanian. Foto dok

Adapun Mandiri Benih merupakan program prioritas inisiasi untuk memberikan bantuan benih gratis yang unggul. Benih yang dibagikan ke masyarakat minim penggunaan bahan kimia. Penangkaran dijalankan oleh Instalasi kebun benih milik Pemprov kerjasama dengan para petani penangkar.

Selain menjadikan Sulsel sebagai Provinsi dengan Surplus Tertinggi Nasional 2022, program ini juga menjadikan Sulsel Peringkat III Nasional Indeks Ketahanan Pangan Provinsi, serta Bappenas melirik Program Mandiri Benih Andalan menjadi Program Nasional.

"Alhamdulillah tahun lalu kita bisa mensuplai 25 persen stok pangan nasional dari Sulsel. Kita kejar Program Mandiri Benih juga untuk membagikan benih gratis," katanya.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Kembali Bagikan 2.500 Benih Gratis ke Petani

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya