Ada Pohon Rawan Tumbang, Warga Makassar Bisa Hubungi Call Center 112

Masyarakat diminta waspadai potensi pohon tumbang

Makassar, IDN Times - Warga Kota Makassar diminta mewaspadai pohon tumbang menyusul masuknya musim hujan. Pasalnya, cuaca ekstrem seperti angin kencang biasanya terjadi saat musim hujan.

Apabila melihat ada pohon yang rawan tumbang, masyarakat bisa melapor ke petugas. Untuk melapor, masyarakat cukup menghubungi layanan darurat atau call center Pemerintah Kota Makassar.

"Bisa menghubungi NTPD (Nomor Tunggal Panggilan Darurat) 112," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Hendra Hakamuddin, Selasa (5/12/2023).

Baca Juga: Waspada! 4 Kecamatan di Makassar Ini Langganan Banjir saat Musim Hujan

1. Layanan call center bisa diakses gratis

Ada Pohon Rawan Tumbang, Warga Makassar Bisa Hubungi Call Center 112IDN Times/Imam Rosidin

NTPD 112 merupakan nomor tunggal panggilan darurat. Nomor ini bisa dihubungi selama 24 jam nonstop, bebas pulsa dan gratis.

Nomor ini disediakan oleh Pemkot Makassar untuk memudahkan masyarakat melaporkan keadaan darurat, termasuk pohon yang rawan tumbang. Selain itu, warga juga bisa memanfaatkan NTPD 112 untuk menghubungi layanan darurat lainnya seperti Home Care, pemadam kebakaran hingga penanggulangan bencana.

2. Masyarakat diimbau waspada pohon tumbang

Ada Pohon Rawan Tumbang, Warga Makassar Bisa Hubungi Call Center 112Angkutan umum di Makassar tertimpa pohon tumbang / Polrestabes Makassar

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Ferdy Mochtar mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada pohon tumbang, utamanya saat cuaca ekstrem. Pasalnya, tak sedikit pohon telah tumbang saat cuaca ekstrem beberapa waktu lalu.

"Sangat diharapkan kepada masyarkat menghindari mobil diparkir dibawah pohon, hujan keras dengan intensitas yang tinggi dan angin kencang, sangat rawan dan berisiko," katanya. 

3. Pohon tua rutin dipangkas

Ada Pohon Rawan Tumbang, Warga Makassar Bisa Hubungi Call Center 112Angkutan umum di Makassar tertimpa pohon tumbang / Polrestabes Makassar

Upaya memangkas pohon-pohon yang sudah tua, kata Ferdy, selalu digiatkan sebelum musim hujan. Namun ketika musim hujan, terkadang pohon tumbang tak dapat dihindarkan.

"Hampir setiap hari dilaksanakan selama ini, cuma kecepatan angin dan intensitas curah hujan yang tinggi, menyebabkan banyak pohon yang tdk dapat menahan beban, mudah roboh atau tumbang," kata Ferdy.

Baca Juga: Long Weekend, Hotel di Makassar Dikhawatirkan Sepi saat Libur Nataru

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya