Ada Fenomena Hujan Es di Gowa, Ini Penjelasan BMKG

Bongkahan es berukuran batu kerikil turun dari langit

Makassar, IDN Times - Fenomena hujan es terjadi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa siang (14/11/2023). Saat terjadi hujan, bongkahan es kecil turut turun dari langit.

Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan peristiwa turunnya hujan es di daerah Kecamatan Patallassang. Dalam video itu, terlihat sejumlah bongkahan es berukuran kerikil berjatuhan di tanah dan lantai rumah warga.

Perekam video merekam peristiwa hujan es yang bukan pemandangan biasa. Hujan turun disertai angin kencang.

Baca Juga: Awal Musim Hujan, Dinkes Sulsel Imbau Warga Waspadai DBD

1. BMKG: kemungkinan karena awan tebal

Ada Fenomena Hujan Es di Gowa, Ini Penjelasan BMKGFenomena hujan es di Pattallassang, Kabupaten Gowa, Selasa (14/11/2023). (IDN Times/Dahrul Amri)

Prakirawan BMKG Wilayah IV Kota Makassar, Farid, mengaku pihaknya telah menerima laporan terkait fenomena hujan es tersebut. Namun pihaknya belum menganalisisnya lebih lanjut.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan fenomena hujan es memang bisa terjadi saat ini. Hal ini melihat kondisi ketebalan awan di daerah tersebut.

"Kami belum mengonfirmasi lebih lanjut apakah benar atau tidak. Tapi kemungkinan memang awannya cukup tebal di wilayah itu, Patalassang," katanya, saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (14/11/2023).

2. Biasa terjadi saat musim transisi

Ada Fenomena Hujan Es di Gowa, Ini Penjelasan BMKGIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Farid menjelaskan hujan es biasanya terjadi saat musim transisi dari musim kemarau ke musim hujan. Fenomena ini cenderung lebih sering terjadi karena kondisi awan yang cukup rendah.

"Jadi es-es yang ada di awan bisa sampai ke tanah. Harusnya kan dia (es) mencair sebelum sampai ke tanah begitu," kata Farid.

3. Masih tergolong fenomena normal

Ada Fenomena Hujan Es di Gowa, Ini Penjelasan BMKGIlustrasi - Ruang pengamatan cuaca BMKG (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Farid juga menjelaskan bahwa fenomena hujan ini sebenarnya normal terjadi. Fenomena ini cukup sering terjadi di berbagai wilayah Indonesia terutama saat musim transisi.

"Termasuk di Sulawesi Selatan. Beberapa kali memang kami dapat Informasi seperti itu di tahun-tahun yang lalu," kata Farid.

Baca Juga: Siapkan 6 Hal Ini Selama Musim Hujan, Jangan Sampai Ketinggalan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya