500 Penari Bakal Tampilkan Tari Kolosal dalam Pembukaan MNEK 2023

Berbagai pertunjukan juga akan mewarnai pembukaan MNEK

Makassar, IDN Times - Kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Kota Makassar tidak hanya menjadi ajang latihan militer. Acara itu juga menjadi kesempatan besar untuk memperkenalkan ragam budaya Makassar ke dunia internasional.

Itulah sebabnya, pembukaan MNEK nanti akan menampilkan pertunjukan tari kolosal yang melibatkan 500 penari. Menariknya, para penari ini di antaranya merupakan siswa SMP.

MNEK akan berlangsung pada 4-8 Juni 2023. Hingga Jumat (2/6/2023), berbagai persiapan terus dimatangkan. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto terus memantau aksi gladi kotor. 

"Tarian tadi saya lihat juga sudah oke," kata Danny usai memantau aksi gladi kotor bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Jumat, (2/06/2023).

1. Danny pastikan persiapan sudah 99 persen

500 Penari Bakal Tampilkan Tari Kolosal dalam Pembukaan MNEK 2023Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendampingi KASL Laksamana TNI Muhammad Ali meninjau lokasi MNEK di Pelabuhan Soekarno Hatta, Jumat (2/6/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Danny memastikan bahwa seluruh persiapan dan dukungan dari Pemkot Makassar sudah 99 persen. Selanjutnya hanya perlu pembenahan-pembenahan sedikit. Pembenahan yang dimaksud berupa kebersihan, pemasangan bendera dan beberapa lainnya. 

Selanjutnya, bakal ada peninjauan oleh para jenderal terhadap pembuatan Kapal Pinisi di CPI. Pembangunan Tugu Komodo di lokasi kegiatan pun sudah rampung 100 persen.

"Malam ini tinggal dipasang-pasang bendera dari masing-masing negara. Keseluruhan semuanya sudah siap," kata Danny.

2. Danny ajak masyarakat saksikan pembukaan MNEK

500 Penari Bakal Tampilkan Tari Kolosal dalam Pembukaan MNEK 2023Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Di sela-sela acara nanti, tepatnya pada 6 Juni malam, ada tambahan hiburan Mix Martial Arts (MMA) atau olahraga tarung yang turut meramaikan acara. Secara keseluruhan, MNEK akan diisi berbagai pertunjukan menarik mulai dari demonstrasi pesawat tempur AL, penerjun payung, helikopter, drumband Taruna AL hingga tari kolosal persembahan Pemkot Makassar. 

Danny pun mengajak masyarakat Makassar agar menyaksikan event internasional itu. Menurut Danny, MNEK merupakan event internasional terbesar dan termegah di Makassar saat ini.

"Saya imbau kepada masyarakat untuk menonton karena banyak atraksi menarik, pameran-pameran dari berbagai negara. Jadi silakan datang dan ramaikan," katanya.

3. Menampilkan kapal perang dari 36 negara

500 Penari Bakal Tampilkan Tari Kolosal dalam Pembukaan MNEK 2023TNI Angkatan Laut bakal menggelar latihan non-militer melalui ajang Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) di Makassar, 4-8 Juni 2023. (Dok. tnial.mil.id)

MNEK merupakan kegiatan latihan non-perang dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan regional, penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan guna mempererat kerja sama antara TNI AL dengan negara-negara sahabat. MNEK digelar 4 - 8 Juni yang dihadiri langsung KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

Pada kegiatan ini, ada 36 Kapal Perang Angkatan Laut dari berbagai negara di dunia yang bersandar di Kota Makassar. Beberapa negara yang akan hadir di antaranya Amerika Serikat, Rusia, Cina, Australia dan Malaysia.

Baca Juga: Bapenda Makassar: Ada 30 Persen Wajib Pajak PBB Menunggak

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya