20 Ribu Liter Disinfektan Bakal Disemprotkan di Kota Makassar

Untuk memutus penyebaran virus corona di Makassar

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar berencana akan melakukan penyemprotan disinfektan secara massal di seluruh wilayah Kota Makassar serentak pada Sabtu, 4 April mendatang. Hal ini dilakukan guna meminimalisir tingkat penyebaran virus corona atau COVID-19.

Rencana ini disampaikan Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb kepada wartawan usai memimpin rapat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Makassar di Posko Induk Info Covid-19 di Kota Makassar, Kamis (2/4).

“Salah satu langkah taktis yang akan kita lakukan yakni bersama-sama seluruh elemen masyarakat untuk turun di seluruh wilayah di Kota Makassar melakukan penyemprotan secara massal di waktu bersamaan," kata Iqbal Suhaeb.

1. Gerakan memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kota Makassar

20 Ribu Liter Disinfektan Bakal Disemprotkan di Kota MakassarPj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb (tengah) saat memberikan keterangan pers, Kamis (2/4). Humas Pemkot Makassar

Rencana penyemprotan massal ini, disebut Iqbal sebagai gerakan solidaritas untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kota Makassar. Pihaknya juga telah mempersiapkan segala keperluan mulai dari alat semprot, cairan disinfektan, termasuk relawan yang akan melakukan penyemprotan di lapangan.

Untuk itu, kata Iqbal, aksi ini melibatkan seluruh pihak, baik yang ada di Gugus Tugas maupun seluruh elemen masyarakat yang juga aktif bergerak selama ini.

“Ini kesempatan bagi yang ingin bergerak bersama dan menjadi bagian dari gerakan ini. Sekali lagi imbauan untuk tetap di rumah dan menjaga jarak sosial tetap menjadi strategi inti," jelasnya.

2. Menyasar pemukiman penduduk

20 Ribu Liter Disinfektan Bakal Disemprotkan di Kota MakassarIDN Times/Candra Irawan

Beberapa hari ini, tim Damkar Makassar bersama sejumlah elemen lain juga sangat aktif melakukan penyisiran di ruang-ruang publik, perkantoran hingga jalan-jalan utama untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Hal itu pun saat ini masih terus dimasifkan. 

Sejak Makassar dinyatakan sebagai kota yang terpapar virus COVID-19, berbagai langkah telah dilakukan Pemkot Makassar, termasuk penyemprotan disinfektan secara simultan di berbagai perkantoran, fasilitas publik, maupun rumah-rumah ibadah. Namun penyemprotan kali ini lebih menyasar pemukiman penduduk.

"Agenda Sabtu mendatang, kita akan menyisir pemukiman-pemukiman warga, lorong-lorong, sekolah-sekolah, Posyandu serta fasilitas lain yang ada di kawasan pemukiman penduduk,” jelasnya.

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Terbaru Kasus Virus Corona di Sulawesi Selatan

3. Siapkan 20.000 Liter disinfektan dan 1.000 alat semprot

20 Ribu Liter Disinfektan Bakal Disemprotkan di Kota Makassar(IDN Times/Candra Irawan)

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar Muhammad Rusli menyebutkan pihaknya telah menyiapkan 1.000 alat penyemprot, 20.000 liter disinfektan, termasuk relawan yang akan turun melakukan penyemprotan. 

Dia juga menyebutkan bahwa aksi penyemprotan massal untuk menanggulangi penyebaran virus corona di Makassar ini, juga turut dibantu sejumlah pihak mulai dari Yayasan Kalla yang sejak awal disebutnya telah memberikan kepedulian terhadap pengendalian penyebaran wabah ini, Bank Mandiri, Ikatan Dokter Hewan Indonesia, Lembaga Penanggulangan Bencana Indonesia, Nahdlatul Ulama, KIMA, Apindo, dan sejumlah elemen lainnya. 

"Untuk aksi solidaritas bersama di Sabtu pagi ini, kami mengajak seluruh elemen masyarakat, siapa pun itu, untuk turun bersama, menyebar di seluruh kelurahan. Insya Allah mudah-mudahan ini bisa mengerem dan memotong pergerakan virus ini,” katanya.

Baca Juga: Pasien Positif Corona di RS Wahidin Makassar Dinyatakan Sembuh

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya