11 Prestasi Andi Sudirman Sulaiman saat Jabat Plt Gubernur Sulsel

Menuntaskan utang Pemprov Sulsel hampir Rp1 triliun, wow!

Makassar, IDN Times - Setahun sudah Andi Sudirman Sulaiman memegang posisi pelaksana tugas Gubernur Sulawesi Selatan. Kementerian Dalam Negeri menunjuknya untuk mengisi posisi tersebut pada 28 Februari 2021 lalu sehari setelah Nurdin Abdullah ditangkap KPK.

Besok, Kamis 10 Maret 2022, Sudirman akan resmi menyandang status sebagai Gubernur Sulsel definitif. Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan melantiknya di Istana Negara.

Meski kebijakan dan keputusannya tak lepas dari pro dan kontra, namun dia menunjukkan sederet hasil kerja setahun belakangan. Berdasarkan informasi dari Pemprov Sulsel, berikut deretan hasil kerja Sudirman selama menjabat Plt Gubernur Sulsel.

1. Menuntaskan persoalan utang

11 Prestasi Andi Sudirman Sulaiman saat Jabat Plt Gubernur SulselIlustrasi Utang (IDN Times/Arief Rahmat)

Permasalahan utang menjadi perhatian Andi Sudirman kala dirinya diamanahkan sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel. Kendati demikian, dia mampu menyelesaikan permasalahan utang tahun anggaran 2020 yang nilainya hampir Rp1 triliun.

Dengan kondisi tahun anggaran yang berjalan, ia mampu mengimbangi dengan kondisi keuangan yang mengalami refocusing akibat pandemik COVID-19.

2. Memulihkan ekonomi

11 Prestasi Andi Sudirman Sulaiman saat Jabat Plt Gubernur Sulselilustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times)

Di bawah kepemimpinan Andi Sudirman juga, perekonomian Sulawesi Selatan tahun 2021 secara kumulatif tumbuh pada angka 4,65 persen. Hal ini merupakan capaian yang positif, di mana tahun 2020 lalu mengalami kontraksi pada angka -0,70 persen.

3. Menekan angka kemiskinan dan pengangguran

11 Prestasi Andi Sudirman Sulaiman saat Jabat Plt Gubernur SulselIlustrasi Kemiskinan (IDN Times/Arief Rahmat)

Di tengah kondisi pandemik COVID-19, Sudirman berhasil mengurangi angka kemiskinan dan angka pengangguran. Angka kemiskinan saat ini mencapai 8,53 persen atau mengalami penurunan 0,25 persen. Angka pengangguran juga berhasil ditekan sebesar 0,59 persen. 

Sementara, gini ratio di Sulsel sebesar 0,377. Indeks Pembangunan Manusia juga mengalami kenaikan di mana pada tahun 2021 hanya berada pada angka 72,24.

4. Produksi padi dan beras meningkat

11 Prestasi Andi Sudirman Sulaiman saat Jabat Plt Gubernur SulselIlustrasi pembibitan padi. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Produksi padi dan beras di Sulsel juga mengalami peningkatan. Berdasarkan data BPS, total produksi gabah kering giling (GKG) tahun 2021 sebanyak 5,09 juta ton, atau mengalami peningkatan 8,12 persen dari produksi tahun 2020 yakni 4,71 juta ton. 

Total produksi beras tahun 2021 adalah 2,92 juta ton atau mengalami peningkatan 8,12 persen dari total produksi beras tahun 2020 yang nilainya 2,70 juta ton.

Hal ini menjadi kabar baik mengingat Sulsel merupakan salah satu lumbung pangan nasional. Sulsel mampu mensuplai beras untuk sekitar 27 provinsi dari 34 provinsi se-Indonesia.

5. Aksi stop stunting

11 Prestasi Andi Sudirman Sulaiman saat Jabat Plt Gubernur Sulselilustrasi perbedaan tinggi anak stunting dengan anak normal (Dok. IDN Times)

Berdasarkan data e-PPGBM per Agustus 2021, angka stunting Sulsel berhasil ditekan dan berada pada angka 9,08 persen. Meski begitu, sebanyak 24 kabupaten/kota se-Sulsel tetap menjadi fokus aksi stop stunting. 

Upaya ini dilaksanakan Pemprov atas instruksi Andi Sudirman adalah menurunkan tenaga pendamping gizi pada 240 lokus atau masing-masing 10 lokus setiap derah untuk menekan angka stunting.

6. Menangani COVID-19 dari hulu ke hilir

11 Prestasi Andi Sudirman Sulaiman saat Jabat Plt Gubernur SulselIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Penanganan pandemik COVID-19 jelas tidak bisa dilupakan. Salah satunya yaitu menyiapkan fasilitas isolasi terintegrasi (FIT) yang merupakan tempat isolasi mandiri bagi pasien positif COVID-19 tanpa gejala. Fasilitas ini berlokasi di Asrama Haji dan Kampus BPSDM.

Jika tahun 2020, Pemprov Sulsel menyiapkan program wisata COVID-19 untuk menjadi lokasi isolasi, berbeda dengan FIT. FIT lebih tepat disebut rumah sakit lapangan rumah sakit milik Pemprov Sulsel bertugas sebagai pengampu atau penanggung jawab pasien.

Program ini pun berdampak dengan bertambahnya PAD (pendapatan asli daerah) bagi Pemprov. Terlebih dengan memanfaatkan fasilitas milik pemerintah yang tidak lagi dibebankan biaya sewa.

Selain itu, Pemprov juga menggalakkan program Kebut Vaksinasi dengan menggandeng Forkopimda dan kelompok masyarakat. Mendukung hal tersebut, Sudirman menghadirkan inovasi mobile vaccinator yang memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan vaksinasi.

7. Menggaet investasi senilai Rp16,60 triliun

11 Prestasi Andi Sudirman Sulaiman saat Jabat Plt Gubernur SulselIlustrasi investasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Sepanjang tahun 2021, Sulsel berhasil mencatatkan investasi sebesar Rp16,60 triliun. Nilai ini meningkat secara signifikan jika dibandingkan tahun 2020 lalu yang mencapai Rp12,541 triliun. Investasi Sulsel tumbuh 32,37 persen.

8. Menggenjot ekspor

11 Prestasi Andi Sudirman Sulaiman saat Jabat Plt Gubernur SulselIlustrasi Ekspor (IDN Times/Arief Rahmat)

Meski masih dalam situasi pandemik COVID-19, Andi Sudirman terus menggenjot peningkatan ekspor. Hasilnya pun berbuah manis. 

Berdasarkan data Dinas Perdagangan Sulsel, nilai ekspor sepanjang tahun 2021 senilai US$ 1,6 miliar atau setara Rp23,81 triliun. Nilai ekspor ini mengalami pertumbuhan 21,15 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

9. Pembangunan berkeadilan

11 Prestasi Andi Sudirman Sulaiman saat Jabat Plt Gubernur SulselIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Andi Sudirman terus menggalakkan pembangunan infrastruktur yang berkeadilan, baik dari infrastruktur jalan, jembatan serta infrastruktur untuk pertanian.

Hingga akhir tahun 2021, kemantapan jalan di Sulawesi Selatan mengalami kenaikan yang nilainya mencapai 70,01 persen.

10. Mengembalikan kejayaan udang windu

11 Prestasi Andi Sudirman Sulaiman saat Jabat Plt Gubernur Sulselilustrasi udang windu (freepik.com/topntp26)

Udang windu menjadi salah satu fokus Andi Sudirman. Di masa pemerintahannya sebagai pelaksana tugas gubernur, dia berhasil meningkatkan produksi udang windu.

Tahun 2021, produksi udang windu mengalami peningkatan 11,47 persen dibanding tahun sebelumnya yakni sebanyak 11.457,5 ton.

Baca Juga: Pemprov: Andi Sudirman Tidak Merencanakan Tanpa Wakil

11. Pengadaan barang dan jasa yang fair

11 Prestasi Andi Sudirman Sulaiman saat Jabat Plt Gubernur SulselIlustrasi aset. (Dok. IDN Times)

Pada era Andi Sudirman Sulaiman pulalah, sistem pengadaan barang dan jasa di Pemprov Sulsel berbasis sistem digital. Hal ini pun menerapkan lelang pengadaan barang dan jasa tanpa intervensi pimpinan. Semua fair dan berbuntut pada iklim persaingan yang sehat di kalangan pengusaha.

Sulsel pun mendapat predikat Baik oleh LKPP atas indeks tata kelola pengadaan barang dan jasa tahun 2021.

Baca Juga: Andi Sudirman Sulaiman Dilantik jadi Gubernur Sulsel Kamis Besok

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya