Andi Sudirman Sulaiman Dilantik jadi Gubernur Sulsel Kamis Besok

Sudirman menggantikan Nurdin Abdullah

Makassar, IDN Times - Pelantikan Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) definitif dipastikan dilaksanakan besok, Kamis 10 Maret 2022, di Istana Negara. Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Syaharuddin Alrif, membenarkan hal tersebut.

Dia menyebut pihaknya juga telah menerima penyampaian terkait jadwal pelantikan Gubernur Sulsel definitit tanggal 10 Maret 2022 di Istana Negara. Sudirman akan dilantik langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Undangan sudah sampai dan DPRD diwakili oleh Ketua DPRD Sulsel karena yang masuk ke istana hanya Ketua DPRD, sekda, istri gubernur dan gubernur yang dilantik. Karena bersamaan dengan pelantikan yang lain," kata Syaharuddin Alrif, Rabu (9/3/2022).

1. DPRD harap Sudirman tuntaskan janji politik

Andi Sudirman Sulaiman Dilantik jadi Gubernur Sulsel Kamis BesokPlt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman (Humas Pemprov Sulsel)

Dengan dilantiknya Sudirman sebagai Gubernur Sulsel definitif, maka DPRD Sulsel berharap RPJMD (Rencana Pengembangan Jangka Menengah Daerah) yang menjadi janji politiknya bersama Nurdin Abdullah kala itu bisa dituntaskan. DPRD juga berharap pemerintahan di Sulsel tetap bisa berjalan sempurna meski tanpa adanya wakil gubernur. 

"Harapan kami sangat besar. Walaupun misalnya kalau betul-betul tidak ada wakil gubernur, maka harapannya sekretariat daerah, Pak Sekda, dan diback-up oleh OPD-OPD yang bekerja maksimal," katanya.

2. Pemprov tidak ada persiapan khusus

Andi Sudirman Sulaiman Dilantik jadi Gubernur Sulsel Kamis BesokPlt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. (dok. Humas KPK)

Kabid Humas Diskominfo Sulsel, Sultan Rakib, mengatakan pihaknya tidak memiliki persiapan khusus terkait pelantikan tersebut. Pelantikan itu sepenuhnya adalah kewenangan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Sekretariat Negara.

"Secara otomatis bapak hanya dengan para undangan yaitu Pak sekda, istri beliau (Ketua PKK), dan Ketua DPRD Sulsel. Selebihnya itu tidak ada. Persiapan di Pemprov itu hampir sepertinya tidak ada khusus pelantikan," ujar Sultan melalui telepon hari ini, Rabu (9/3/2022).

Baca Juga: Pemprov: Andi Sudirman Tidak Merencanakan Tanpa Wakil

3. Sudirman direncanakan beri pengarahan ke seluruh OPD

Andi Sudirman Sulaiman Dilantik jadi Gubernur Sulsel Kamis BesokPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Humas Pemprov Sulsel

Namun pascapelantikan, Sultan menyebut kemungkinan akan ada agenda briefing atau pengarahan dengan seluruh organisasi pimpinan daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel. Hal ini mengingat akan ada perubahan status dari yang dulunya adalah pelaksana tugas berubah menjadi gubernur Sulsel definitif.

"Sekarang dengan gubernur tentu ada akselerasi yang ingin ditingkatkan oleh Bapak melalui para kepala OPD-nya sehingga itu kemungkinan besar setelah pelantikan akan ada brefing di Makassar dengan para kepala OPD," kata Sultan.

Baca Juga: Sudirman Sulaiman segera Dilantik sebagai Gubernur Sulsel Definitif

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya