TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pj Wali Kota Makassar Ajak Masyarakat Tanggulangi HIV/AIDS

Masyarakat diajak sukseskan Three Zero

Humas Pemprov Sulsel

Makassar, IDN Times - Peringatan Hari AIDS Sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Desember menjadi pengingat yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai HIV/AIDS. Tema yang diangkat pada peringatan tahun ini adalah "Bersama Masyarakat Meraih Sukses".

Maka dari itu, Pemerintah Kota Makassar melakukan upacara di Kantor Wali Kota Makassar, Senin (2/12/2019) sebagai cara untuk memperingati Hari AIDS Sedunia.

Dalam kesempatan itu, Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb menyematkan pin Hari AIDS Sedunia oleh kepada konselor HIV, kepala pusat Puskesmas, dan Lembaga Swadaya Masyarakat pemerhati  HIV/AIDS.

1. Penanggulangan HIV/AIDS harus dilakukan secara bersama-sama

IDN Times / Larasati Rey

Iqbal Suhaeb dalam amanatnya mengajak masyarakat untuk bersama-sama menanggulangi HIV/AIDS. Menurutnya, penanggulangan AIDS ini bukan tugas pemerintah semata. 

Dia menjelaskan, dibutuhkan kesadaran yang lebih besar tentang dampak HIV/AIDS terhadap keluarga, bukan hanya terhadap kelompok-kelompok yang mengalami stigmatisasi.

"Hal ini sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dunia terhadap HIV/AIDS," ucapnya.

Selain itu, Iqbal menyerukan agar pemerintah kota dan masyarakat bersama-sama memerangi HIV/AIDS untuk tidak mendiskreditkan penderita HIV/AIDS.

"Tugas kita bersama masyarakat menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat dan dunia untuk mencegah dan menghindari penularan HIV/AIDS di lingkungan kita," katanya.

Baca Juga: Jangan Dijauhi, Ini 5 Cara Tepat Berteman dengan Penderita HIV/AIDS

2. Masyarakat diajak sukseskan Three Zero

IDN Times/Aan Pranata

Lebih lanjut Iqbal mengatakan, bahwa pemerintah hingga tahun 2030 menargetkan tidak ada lagi kasus penderita HIV/AIDS ditemukan di Indonesia. Maka dari itu, dia mengajak agar masyarakat menyukseskan three zero.

"Upaya pemerintah saat ini bersama seluruh elemen masyarakat membantu mencegah penularan HIV/AIDS di Indonesia dengan mengajak menyukseskan three zero yakni zero infection, zero dead, and zero discrimination," katanya.

Three zero sendiri merupakan program yang dicanangkan Kementerian Kesehatan untuk menekan kasus HIV/AIDS. Tiga zero itu adalah Zero New Infection atau tidak ada infeksi baru HIV/AIDS, Zero AIDS Related Death atau tidak ada kematian akibat AIDS, dan Zero Discrimination atau tidak ada stigma dan diskriminasi terhadap ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS).

Baca Juga: Waspadai 7 Gejala Penyakit HIV atau AIDS yang Jarang Disadari Orang!

Berita Terkini Lainnya