TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Siapkan Payung! BMKG Prakirakan Makassar Musim Hujan Tengah November

BMKG sebut sebagian wilayah Sulsel masih masa transisi

Ilustrasi. Hujan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. IDN Times/Irwan Idris

Makassar, IDN Times - Memasuki bulan November 2023, Makassar dan sekitarnya mulai diguyur hujan beberapa waktu terakhir. Cuaca juga terkadang mendung dan berawan.

Meski sudah turun hujan bahkan sejak akhir Oktober lalu, namun ini belum menjadi tanda masuknya musim hujan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan musim hujan di wilayah Makassar akan dimulai pada pertengahan November 2023.

"Kami prediksikan musim hujan pada pertengahan November 2023," kata Rifki Yudha, Prakirawan BMKG, saat diwawancarai IDN Times, Kamis (9/11/2023).

1. Sebagian wilayah Sulsel masih masa transisi

Hujan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. IDN Times/Irwan Idris

Rifki mengatakan bahwa wilayah Makassar saat ini berada di akhir periode musim pancaroba. Hujan yang terjadi merupakan bagian dari masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan.

"Untuk saat ini sebagian wilayah Sulawesi khususnya bagian barat, masih transisi. Makassar sendiri cuacanya terpantau cerah hingga cerah berawan untuk saat ini dan esok hari," katanya.

2. Musim hujan dilihat dari karakteristik curah hujan

Hujan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. IDN Times/Irwan Idris

Masuknya musim hujan akan terlihat dari karakteristik hujan dalam beberapa waktu terakhir. Saat ini, intensitas hujan yang turun juga tidak konsisten terkadang lebat, terkadang tidak lebat.

"Suatu wilayah dikatakan telah memasuki musim hujan jika curah hujannya dalam satu dasarian atau 10 hari itu 50 mm dan diikuti dua dasarian berikutnya," kata Rifki.

Berita Terkini Lainnya