TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daftar Siaran TV Digital di Kota Makassar, Ini Cara Mengecek

Siaran TV analog dimatikan mulai 2 November 2022

Ilustrasi TV Digital. (dok. Kominfo)

Makassar, IDN Times - Pemerintah akan mematikan siaran televisi analog di Indonesia pada 2 November 2022. Setelah analog switch off (ASO), siaran televisi beralih sepenuhnya ke format digital.

Ke depan, masyarakat tidak lagi bisa menonton siaran tv analog atau lewat antena biasa. Namun,  sebagai gantinya, ada siaran televisi digital dengan kualitas gambar lebih bersih dam suara yang lebih jernih.

Saat ini di Kota Makassar sudah ada beberapa siaran televisi yang beralih ke digital. Lalu, seperti apa dan bagaimana cara menikmati siaran televisi digital? Simak penjelasannya berikut ini, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Menkominfo: Siaran Televisi Analog Distop Paling Lambat November 2022

1. Kamu tetap bisa menikmati siaran digital secara gratis

Seorang warga mencoba melakukan pemasangan Set Top Box (STB) saat uji coba survei kesiapan masyarakat beralih ke siaran TV Digital. (Dok. Kominfo)

Saat ini mayorits siaran televisi di Indonesia masih menggunakan teknologi analog, yang telah beroperasi sekitar 60 tahun. Sedangkan siaran digital menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi untuk memberikan kualitas siaran terbaik ketika ditonton di pesawat televisi.

Dengan siaran digital, gambar yang muncul di televisi akan jernih karena kualitasnya high definition (HD). Tidak ada siaran yang berbintik-bintik atau kabur. Jika tidak bisa menangkap, maka tidak ada siaran sama sekali yang muncul di layar.

Berbeda dengan siaran analog. Siarannya sangat dipengaruhi jarak menara pemancar dengan pesawat televisi. Makanya, televisi yang jauh dari pemancar biasanya akan memunculkan gambar yang berkualitas buruk.

Kamu tidak perlu khawatir, sebab siaran televisi digital bersifat free to air alias gratis seperti halnya televisi analog. Kamu tidak perlu berlangganan untuk menonton siarannya serta tidak perlu menghubungkan perangkat dengan internet. Sebab siarannya tetap menggunakan frekuensi radio UHF/VHF.

2. Bagaimana cara menonton siaran tv digital?

Seorang pedagang elektronik di Pasar Kokrosono Semarang kini menjual set top box untuk televisi digital. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Agar bisa menonton televisi digital, hal pertama yang perlu kamu pastikan adalah di daerahmu sudah terdapat siaran televisi digital. Kamu bisa menontonnya dengan bantuan penangkap siaran berupa antena luar rumah maupun dalam rumah yang juga biasa dipakai menangkap siaran analog.

Berikutnya, kamu mesti memastikan televisi di rumahmu sudah dilengkapi penerima siaran televisi digital DVBT2. Jika televisi di rumahmu hanya bisa menerima siaran televisi analog, maka kamu perlu memasang dekoder set top box (STB).

STB akan membantu sinyal televisi digital yang ditangkap oleh antena untuk dapat ditampilkan meski televisi dirumahmu adalah televisi untuk siaran analog. STB ini dijual sekitar Rp100 ribuan hingga Rp200 ribuan.

Setelah perangkat televisimu tersambung, pindai ulang program-program siaran televisimu untuk menangkap siaran digital.

Baca Juga: 9 Serial Televisi yang Masih Tayang Sampai Sekarang, Puluhan Tahun!

Berita Terkini Lainnya