TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ada Wahana Pesawat Terbang di Asrama Haji Makassar, Ini Fungsinya

Maket didesain serupa interior Boeing 777

IDN Times/Aan Pranata

Makassar, IDN Times - Berbagai sarana dan fasilitas di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, dinyatakan siap seratus persen beroperasi di musim haji tahun 2019. Salah satunya, maket pesawat terbang.

Maket berupa tiruan ruang kabin pesawat, yang berfungsi sebagai simulasi situasi selama perjalanan udara. Fasilitas ini jadi bagian dari praktik manasik haji, sebagai persiapan final calon jemaah sebelum menunaikan ibadah di Tanah Suci. 

"Fasilitas mockup (maket) memastikan calon jemaah tidak kesulitan menggunakan perlengkapan pesawat selama perjalanan ibadah haji," kata Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar Kaswad Sartono kepada IDN Times, Kamis (4/7).

Baca Juga: 18 Ribu Calon Haji Siap Berangkat via Embarkasi Hasanuddin Makassar

1. Desain interior maket mirip Boeing 777

IDN Times/Aan Pranata

Fasilitas maket pesawat di Asrama Haji Sudiang Makassar didesain mirip dengan interior Garuda Indoensia Boeing 777. Jenis pesawat tersebut sama dengan yang ditumpangi jemaah dalam perjalanan ke Tanah Suci.

Di dalam maket, tersedia 90 kursi dan dua toilet. Fasilitas ini mulai digunakan pada musim haji tahun 2017. Maket di Makassar merupakan yang kedua di Indonesia, setelah asrama haji di Palembang, Sumatera Selatan.

Kaswad mengatakan, kehadiran maket sebagai persiapan untuk memenuhi aspek pelayanan, pembinaan, dan perlindungan bagi jemaah saat berada di udara. Lewat mockup, petugas PPIH antara lain mengajarkan seputar penggunaan instrumen dan perlengkapan di pesawat terbang.

"Banyak calon jemaah haji yang tidak pernah naik pesawat. Atau paling cuma perjalanan dua jam. Sedangkan ke Tanah Suci butuh waktu panjang di pesawat, sehingga dipersiapkan menghadapi beberapa kemungkinan masalah," ucapnya.

Baca Juga: Makassar Pelopori Penerapan Dua Teknologi Canggih Navigasi Penerbangan

2. Tata penggunaan toilet jadi salah satu materi penting penggunaan maket

IDN Times/Aan Pranata

Salah seorang petugas pembimbing jemaah haji, Mubassyir Dahlan mengatakan, maket pesawat sangat membantu dalam pelaksanaan manasik haji. Sebab bimbingan tata cara hidup selama di perjalanan udara bisa langsung dipraktikkan.

Menurut Mubassyir, ada sejumlah poin penting yang mesti diketahui jemaah selama berada di pesawat. Di antaranya cara bersuci dengan tayammum, salat, hingga menggunakan toilet untuk buang air. Khusus penggunaan toilet, sebagian jemaah diyakini belum memahaminya.

"Praktik ini termasuk penting sebagai bagian dari perjalanan meninggalkan rumah menuju Tanah Suci, hingga kembali ke Tanah Air," katanya.

Berita Terkini Lainnya