Unhas Kini Punya Hotel and Convention Center

Diharap jadi salah satu sumber pemasukan Kampus Merah

Makassar, IDN Times - Setelah dua tahun dibangun dengan anggaran sekitar Rp120 miliar, Hotel and Convention Center Universitas Hasanuddin yang bertindak sebagai unit pendukung kampus akhirnya diresmikan pada Jumat sore (22/4/2022).

Dihadiri oleh Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu selaku Rektor Unhas, acara seremoni tersebut berlangsung secara luring dengan penerapan protokol COVID-19 di Ball Room Hotel and Convention Center Unhas Kampus Tamalanrea, Makassar.

Baca Juga: Rektor Resmikan Sejumlah Fasilitas Baru FIB Unhas

1. Upaya Unhas mengembangkan sarana-prasarana

Unhas Kini Punya Hotel and Convention CenterSalah satu ruangan Hotel dan Convention Center Unhas. (Dok. Humas Unhas)

Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah menyebut Hotel and Convention Center sebagai salah satu kerja nyata dan kolaborasi pimpinan dan seluruh sivitas akademika Unhas. Ini juga disebut sebagai upaya pengembangan sarana prasarana.

Dosen Teknik Sipil itu juga menyebut hotel tersebut sebagai fasilitas terakhir yang diresmikan Prof. Dwia sebelum masa jabatannya rampung.

"Kami mendesain puncak peresmian fasilitas ini untuk memberikan kesan mendalam. Salah satunya sebagai persembahan ulang tahun untuk Rektor Unhas beberapa waktu lalu," kata Suharman dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Sabtu (23/4/2022).

"Peresmian ini juga menjadi puncak peresmian seluruh fasilitas di Unhas selama delapan tahun kepemimpinan Prof Dwia yang akan berganti minggu depan," sambungnya.

2. Diharap jadi salah satu sumber pendapatan Unhas

Unhas Kini Punya Hotel and Convention CenterSuasana acara peresmian Hotel and Convention Center Universitas Hasanuddin yang berada di are Kampus Unhas Tamalanrea, Jumat 22 April 2022. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Infrastruktur Unhas Prof. Sumbangan Baja menjelaskan rencana pembangunan hotel sudah digodok sejak awal tahun 2020. Tapi rencana itu sempat terdampak pandemik COVID-19.

Gagasan pembangunannya sendiri muncul dari berbagai tujuan, termasuk mendukung kegiatan akademik. Selain itu, salah satu fokus utamanya yakni meningkatkan pendapatan yang merupakan wujud serta tuntutan kemandirian Unhas sebagai PTN-BH.

"Anggaran pembangunan diperoleh murni dari non-APBN Unhas. Ini hasil efisiensi pengelolaan aset dan kerja sama yang dilakukan secara ketat," jelas Prof. Sumbangan.

"Hotel ini mengusung konsep terintegrasi dan dikelilingi berbagai fasilitas penunjang seperti danau dan area training center yang dapat memudahkan aktivitas. Manajemen pengelolaan akan diberikan kepada mitra perhotelan," lanjutnya.

3. Rektor Unhas mengatakan hotel tersebut akan dikelola oleh tenaga profesional

Unhas Kini Punya Hotel and Convention CenterSuasana acara peresmian Hotel and Convention Center Universitas Hasanuddin yang berada di are Kampus Unhas Tamalanrea, Jumat 22 April 2022. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)
  1. Rektor Unhas Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu menjelaskan pembangunan hotel untuk mendukung pengembangan unit bisnis. Olehnya itu, diperlukan fasilitas penunjang untuk mengefisiensikan waktu dan biaya. Ia mengaku gelisah atas anggaran dana mengadakan kegiatan di hotel yang cukup besar.

"Untuk itu, Unhas kemudian memikirkan bagaimana agar anggaran besar ini bisa terkelola untuk kegiatan lain. Sehingga, hotel ini kemudian hadir yang mana kita harapkan akan semakin meningkatkan kinerja," terangnya.

"Kehadiran hotel ini bukan hanya bermanfaat untuk Unhas, tapi untuk kita semua. Kami sudah sepakati akan dikelola oleh tenaga profesional," imbuh Prof. Dwia.

Mengedepankan aspek lingkungan, Hotel and Convention Center Unhas tinggal merampungkan beberapa elemen kecil dan kelengkapan interior sebelum mulai beroperasi usai Lebaran.

Baca Juga: Jalan Panjang Unhas hingga Resmi Jadi Lembaga Pemeriksa Halal

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya