Rektor Resmikan Sejumlah Fasilitas Baru FIB Unhas

Fasilitas baru mendukung persiapan akreditasi internasional

Makassar, IDN Times - Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin Makassar meresmikan beberapa fasilitas pembelajaran baru untuk mahasiswa dan para dosen. Fasilitas itu antara lain Laboratorium Sejarah dan Kebudayaan, Laboratorium Naskah, Ruang Baca, dan Ruang Rapat.

Berlangsung pada Kamis lalu (21/4/2022) di Aula Prof. Mattulada FIB Unhas Tamalanrea, seremoni yang digelar secara luring terbatas tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu.

Baca Juga: Jalan Panjang Unhas hingga Resmi Jadi Lembaga Pemeriksa Halal

1. Dibangun berkat dana patungan pihak FIB dan Unhas

Rektor Resmikan Sejumlah Fasilitas Baru FIB UnhasRektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu dalam acara peresmian Laboratorium Sejarah dan Kebudayaan milik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin, Kamis 21 April 2022. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Prof. Akin Duli selaku Dekan FIB Unhas menjelaskan tujuan dari setiap fasilitas baru. Seperti pembangunan Laboratorium Sejarah dan Budaya, yang disiapkan sebagai salah satu penilaian akreditasi internasional, bersumber dari patungan dana fakultas dan Unhas.

"Di ruang baca kami, terdapat 6.000 koleksi buku referensi. Ini juga memberikan akses bagi mahasiswa untuk mencari bahan bacaan karena kami sudah terintegrasi dengan jaringan perpustakaan," kata Prof. Akin.

"Terima kasih atas bantuan dan perhatian pimpinan Unhas sehingga FIB bisa hadir dan berkontribusi hingga saat ini," imbuhnya.

2. Rektor Unhas mengapresiasi kinerja FIB

Rektor Resmikan Sejumlah Fasilitas Baru FIB UnhasRektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu dalam acara peresmian Laboratorium Naskah milik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin, Kamis 21 April 2022. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Masih di kesempatan yang sama, Rektor Unhas mengapresiasi kerja sama dan produktivitas FIB. Ia menyebut bahwa tumbuh kembang sarana prasarana setiap fakultas adalah hasil jerih payah masing-masing unit kerja. Ia juga memuji FIB sebagai salah satu unggulan Kampus Merah.

"Di sini lahir para cendekia dengan berbagai karya yang dihasilkan. Seperti Prof. Mattulada hingga penulis lagu Mars Unhas juga dari sini," ungkap Prof. Dwia.

Bukan hanya itu, di era Prof. Akin juga dengan temuan kerangka manusia Besse menjadikan FIB semakin unggul. Ini tentunya perlu dijaga semangat dan kreativitasnya," sambungnya.

3. Diharap mampu optimalkan pembelajaran dan riset

Rektor Resmikan Sejumlah Fasilitas Baru FIB UnhasRektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu dalam acara peresmian Laboratorium Naskah milik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin, Kamis 21 April 2022. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Lebih jauh, Dwia turut berharap agar semangat dan kekompakan sivitas akademika FIB tetap terjaga. Ini agar mereka bisa terus berkontribusi dalam berbagai capaian Unhas pada masa mendatang.

Setelah acara seremoni, rombongan rektorat dan dekanat mengunjung beberapa fasiltas yang baru saja diresmikan. Selain sebagai upaya pengembangan, pihak FIB Unhas berharap seluruh fasilitas anyar bisa mengoptimalkan proses pembelajaran maupun riset.

Baca Juga: Gedung Kampus Vokasi Unhas Kabupaten Selayar Resmi Dibangun

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya