Mubes IKA Unhas Dibuka, Para Alumni Mencari Pengganti Jusuf Kalla

Berlangsung hingga hari Minggu mendatang (6/3/2022)

Makassar, IDN Times - Mulai hari Jumat ini (4/3/2022) hingga Minggu mendatang, 6 Maret 2022, Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) menggelar Musyawarah Besar (Mubes) di Hotel Four Points by Sheraton Makassar.

Dihadiri oleh puluhan utusan dan peserta peninjau, agenda utama mereka selama dua hari ke depan adalah menggelar pemilihan Ketua Umum pengganti Jusuf Kalla. Sang mantan Wakil Presiden sendiri sudah memangku jabatan tersebut selama 25 tahun.

Meski belum memilih, beberapa figur mulai menyuarakan agar kepengurusan baru IKA Unhas bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman.

1. IKA Unhas mencari Ketua Umum baru pengganti Jusuf Kalla

Mubes IKA Unhas Dibuka, Para Alumni Mencari Pengganti Jusuf KallaJusuf Kalla (IDN Times/Kevin Handoko)

Salah satunya datang dari Sekretaris Umum Ikatan Alumni Perikanan Unhas, Andi Amri. Ia berharap agar organisasi tersebut menjadi mitra kampus, pemerintah, pihak swasta, masyarakat serra media. Selain itu, IKA Unhas diminta bisa mengakomodir potensi para akumni untuk dikembangkan secara profesional, khususnya di bidang perikanan dan kelautan yang selama ini jadi visi Kampus Merah.

Andi Amri juga mengusulkan agar siapapun ketua umum terpilih nantinya harus melibatkan minimal 30 persen generasi millenial dan 20 persen perempuan dalam kepengurusan IKA Unhas periode 2022-2026.

"Dan paling penting dalam Mubes ini, suara IKA Jurusan dan Daerah bisa diakomodir, sehingga punya hak suara dalam memilih Ketua Umum IKA Unhas," tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Jumat pagi (4/3/2022).

2. Panitia janjikan proses pemilihan berjalan lancar

Mubes IKA Unhas Dibuka, Para Alumni Mencari Pengganti Jusuf KallaPanitia Pelaksana Mubes IKA Unhas saat melakukan audiensi dengan Bupati Maros Chaidir Syam pada 21 Februari 2022. (Instagram.com/mubesikaunhas)

Lebih jauh, Bachrianto Bachtiar selaku Panitia Pengarah mengatakan bahwa proses pemilihan dilakukan dengan mengedepankan silaturrahmi dan musyawarah dengan asas etika ilmu pengetahuan.

Mubes IKA Unhas, menurut Bachrianto, berfungsi memastikan ada mekanisme dan pertemuan oleh alumni yang diwakili IKA fakultas, jurusan, wilayah, dan lembaga lain.

"Diharapkan proses ini lebih mengedepankan etika, pengetahuan, akademik, dan budaya musyawarah mufakat," ungkapnya.

"Insyaallah proses akan berlangsung baik," imbuh Bachrianto.

Baca Juga: Jelang Pemilihan Rektor, BEM Unhas Suarakan 7 Tuntutan Mahasiswa

3. Rektor Unhas tegaskan peran alumni yang strategis

Mubes IKA Unhas Dibuka, Para Alumni Mencari Pengganti Jusuf KallaRektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu saat memberi kata sambutan dalam pembukaan Musyawarah Besar Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin, Jumat 4 Maret 2022. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Mubes IKA Unhas sudah dibuka secara luring terbatas pada Jumat pagi pukul 9.00 WITA. Hadir dalam acara pembukaan yakni Rektor Unhas Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu, Ketua Umum IKA Unhas Jusuf Kalla, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unhas Komjen Pol Purn. Syaferuddin serta Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

"Unhas tidak lagi mengandalkan Uang Kuliah Tunggal sebagai sumber pendapatan utama. Kita mencoba unit-unit usaha produktif. Untuk itu, peranan alumni sangat strategis," demikian petikan kata sambutan Prof. Dwia.

"Kematangan organisasi antara lain ditunjukkan pada Pilrek lalu, berlangsung damai, tanpa konflik. Ini sangat membanggakan," lanjutnya.

Baca Juga: Profil Jamaluddin Jompa, Rektor Terpilih Unhas Periode 2022-2026

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya