Mengupas Tuntas Pentingnya Personal Branding bagi Para Caleg Perempuan

Materi dibawakan oleh Editor-in-Chief IDN Times Uni Lubis

Makassar, IDN Times - Meningkatkan peran dan kapasitas kompetensi anggota parlemen perempuan masih menjadi salah satu pekerjaan rumah yang penting. Dan hal tersebut harus dimulai sejak para calon konstituen ini bertarung di Pemilu Legislatif.

Lembaga swadaya masyarakat B_Trust dan Konrad-Adenauer-Stiftung (KAS), bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI), menyelenggarakan pelatihan bertema Strategi Pemenangan pada Pileg 2024 di Kota Makassar pada ahri Selasa kemarin (2/11/2023).

Berlangsung di Best Western Hotel, Editor-on-Chief IDN Times Uni Lubis turut menjadi pembicara. Materi yang dibawakan adalah cara membentuk personal branding sejak dini, terutama jelang bertarung di pemilihan umum.

1. Para caleg perempuan Sulsel mendapat materi cara untuk lebih appeal ke para calon pemilih

Mengupas Tuntas Pentingnya Personal Branding bagi Para Caleg PerempuanIlustrasi pemilih pemula. (IDN Times/Istimewa)

Berbicara kepada 24 peserta dan calon legislatif seluruh Sulawesi Selatan dari berbagai partai, Uni Lubis menjelaskan bahwa personal branding itu sangat penting. Terlebih ketika harus berhadapan dengan pemilih muda yang lebih melek dengan isu sosial dan lingkungan.

Di sela panel yang berjalan dinamis tersebut, salah satu peserta mengungkapkan bahwa personal branding cukup sulit dimulai ketika masa pemilihan sudah dekat. Meski begitu, bukan berarti tak ada yang bisa dilakukan.

"Yang paling menarik perhatian asalah pernyataan publik. Jika ingin membangun personal branding, bisa dimulai dari memberi pendapat dan sikap dari sebuah isu. Mulailah dari akun media sosial dan orang-orang dekat di sekitar," ujar Uni Lubis.

"Jadi ketika bicara soal isu, lakukan konsisten di mana saja, entah di dunia nyata atau dunia maya. Mulai dari lapangan kerja, kekerasan seksual, lingkungan, dan lain-lain. Kejelasan itu penting, hanya dengan dua atau tiga kalimat yang penting efektif," imbuhnya.

2. Pelatihan ini disebut penting untuk diadakan dalam lingkup kepartaian dan menjadi hak kader

Mengupas Tuntas Pentingnya Personal Branding bagi Para Caleg Perempuan-

Jelang panel ditutup, anggota DPRD Kabupaten Bulukumba dari PKB yakni Andi Soraya Widyasari menyebut bahwa pelatihan personal branding juga perlu dilakukan pada lingkup partai. Bukan saja untuk menjaga fungsi kaderisasi, tapi juga karena hal tersebut penting tapi malah sering luput.

"Mungkin kalau kita semua masuk dalam struktur kepartaian, kita bisa mendorong partai untuk membantu membangun personal branding. Kita juga harus mendapat hak edukasi terkait hal tersebut, sebab ini ilmu yang berharga," jelas politisi perempuan tersebut.

"Kita tidak ingin merasa perempuan dimanfaatkan hanya untuk memenuhi kuota keterwakilan perempuan di parlemen pusat hingga daerah, tapi juga harus mendapat fasilitas yakni pelatihan. Kita tak ingin hal-hal penting seperti ini terus terlewatkan karena kita juga berhak mendapatkannya," imbuh Andi Soraya.

Baca Juga: [WANSUS] Cerita Andi Jerni, Karateka Muda Menatap Parlemen

3. Pelatihan hasil kerja sama empat lembaga ini bertujuan untuk mengasah kemampuan para calon legislator perempuan

Mengupas Tuntas Pentingnya Personal Branding bagi Para Caleg PerempuanIlustrasi Bacaleg. (IDN Times)

Rully Darmawan dari B_trust menyebut bahwa kegiatan ini rutin diadakan untuk mengasah perspektif perempuan dalam banyak isu sosial. Sudut pandang yang berbeda dan lebih membumi membuat para perempuan dipercaya akan memberi dampak besar kala duduk di salah satu dari legislatif dan eksekutif.

Selain Makassar, kegiatan ini juga diadakan di dua tempat yakni Sulawesi Utara serta Bali. Perihal personal branding, Rully menyebut bahwa ini memang penting lantaran mengajak para caleg ini berpikir ulang tentang cara menarik perhatian para pemilih.

"Ini sangat perlu, apalagi personal branding ini tidak serta merta bisa langsung jadi. Memang harus direncanakan secara matang, harus melalui proses yang cukup panjang. Tapi tetap sangat bisa dilakukan," tutupnya.

Baca Juga: Daftarkan Bacaleg, PDIP Sulsel Target 15 Kursi DPRD Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya