Daftar Pilrek Unhas, Sumbangan Baja Berbekal Restu Senat Fakultas

Jadi figur kedelapan yang berstatus sebaga bakal calon

Makassar, IDN Times - Di akhir pekan ketiga masa pendaftaran Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Hasanuddin (Unhas) periode 2022-2026, jumlah bakal calon bertambah menjadi delapan orang.

Prof. Sumbangan Baja, Guru Besar Fakultas Pertanian, mengantar berkas ke Sekretariat Panitia Pemilihan Rektor (P2R) di Lantai 4 Gedung Rektorat, Jumat pagi (20/8/2021), pukul 9.00 WITA.

Sebelumnya pada Kamis kemarin (19/8/2021), ia ikut serta dalam rombongan pengantar "saingannya" yakni Muhammad Restu dari Fakultas Kehutanan yang juga mendaftar.

1. Prof. Sumbangan Baja punya motivasi mendorong Unhas jadi lebih baik

Daftar Pilrek Unhas, Sumbangan Baja Berbekal Restu Senat FakultasGuru Besar Fakultas Pertanian yakni Prof. Sumbangan Baja (kanan) saat menyerahkan berkas sebagai bakal calon rektor periode 2022-2026 pada Jumat 20 Agustus 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Berbicara sebelum menyerahkan berkas kepada P2R, lulusan S3 The University of Sydney itu menyebut motivasinya menjadi bakal calon kedelapan didorong keinginan membangun dan memajukan Kampus Merah.

"Sebelumnya, saya telah meminta persetujuan Senat Fakultas. Sebagai rumah asal saya, maka dukungan dan persetujuan senat fakultas sangat berarti," ujar Prof. Sumbangan dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

Di luar kesibukan sebagai pengajar Departemen Agroteknologi, pria kelahiran Tabona (Maluku Utara), 29 Desember 1963 itu juga menjabar sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Infrastruktur (WR 2) Unhas.

2. Delapan figur bakal calon jadi bukti Unhas tak pernah kekurangan figur potensial

Daftar Pilrek Unhas, Sumbangan Baja Berbekal Restu Senat FakultasGuru Besar Fakultas Pertanian yakni Prof. Sumbangan Baja (paling kanan) saat menyerahkan berkas sebagai bakal calon rektor periode 2022-2026 pada Jumat 20 Agustus 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Turut berbicara dalam kesempatan tersebut, Syamsul Bacri selaku Ketua P2R menyebut pendaftar bakal calon rektor yang sudah mencapai delapan orang ini jadi bukti bahwa Unhas tak pernah paceklik figur potensial.

"Alhamdulillah, dengan kehadiran Prof. Sumbangan Baja maka kini sudah ada delapan pendaftar. Hal ini membuktikan bahwa Unhas tidak kekurangan kader pemimpin. Mudah-mudahan kita dapat melewati seluruh proses ini dengan baik," ujarnya.

Usai diperiksa oleh Nasaruddin Salam selaku Koordinator Pendaftaran P2R, Prof. Sumbangan Baja mendapat tanda terima pendaftaran sebagai bakal calon.

Baca Juga: Resmi Dibuka, Siapa Saja Bakal Calon Rektor Unhas Sejauh Ini?

3. Pendaftaran kontestan Pilrek Unhas Periode 2022-2026 ditutup pada 27 Agustus mendatang

Daftar Pilrek Unhas, Sumbangan Baja Berbekal Restu Senat FakultasPemandangan gedung Rektorat Universitas Hasanuddin di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Sejak dibuka pada 2 Agustus lalu, delapan orang dari internal Unhas meramaikan kontestasi sebagai orang nomor satu. Dekan FISIP Armin Arsyad tercatat sebagai pendaftar pertama, disusul Prof. Budu yang saat ini menjabat Dekan Fakultas Kedokteran.

Pekan ini jadi yang paling "sibuk" bagi P2R sebab menerima enam pendaftar. Mereka adalah Abdul Kadir (Guru Besar Fakultas Kedokteran), Farida Patittingi (Dekan Fakultas Hukum) dan Jamaluddin Jompa, M.Sc (Dekan Sekolah Pascasarjana).

Kemudian turut pula Indriyanti Sudirman (Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis) serta  Muhammad Restu (Guru Besar Fakultas Kehutanan) yang mendaftar Kamis kemarin.

Dibuka hingga 27 Agustus, P2R Unhas juga membuka kesempatan untuk figur dari luar Unhas untuk ikut serta dalam fase penjaringan Pilrek.

Baca Juga: Guru Besar FEB dan Fakultas Kehutanan Ramaikan Pemilihan Rektor Unhas

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya