Banjir di Makassar, Lobi hingga Basement Hotel Terendam Air

Ketinggian banjir di beberapa kawasan mencapai satu meter

Makassar, IDN Times - Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur sejak Senin dini hari (13/2/2023) membuat banyak kawasan di Kota Makasssar banjir. Ketinggiannya bervariasi, mulai dari setinggi betis hingga mencapai pinggang orang dewasa.

Banjir juga memberi dampak pada sejumlah hotel yang berada di kawasan sekitar Pantai Losari. Berdasarkan laporan yang dihimpun, ketinggian air mencapai 30-35 sentimeter, hingga menutupi trotoar Jalan Penghibur.

1. Lobi Makassar Golden Hotel ikut terendam banjir

Berdasarkan video kiriman @fandhylr pada Senin siang (13/2/2023), Makassar Golden Hotel (MGH) turut terdampak. Air tampak memasuki lobi hotel yang sudah beroperasi sejak tahun 1988 tersebut.

Dari jauh, tampak beberapa staf sedang berusaha memindahkan kursi di area lobi menuju tempat aman. Sejumlah furnitur juga ikut terendam, menunggu untuk diangkat ke area yang lebih kering.

2. Banjir masuk ke dalam parkir basement Hotel Aryaduta

Masih di kawasan Jalan Penghibur, Hotel Aryaduta ikut terdampak. Video yang beredar menunjukkan bahwa mobil-mobil tak bisa memasuki area parkir rubanah (basement). Ketinggian air bahkan mencapai batas atas gerbang masuk.

Dalam video tersebut, juga tampak sejulah orang berusaha mendorong keluar mobil berwarna merah. Mobil tersebut terlihat sempat cukup lama mengapung di gerbang masuk menuju area parkir Hotel Aryaduta sebelum diselamatkan.

Baca Juga: Makassar Dikepung Banjir, Macet di Mana-mana

3. Hujan diperkirakan mengguyur seluruh Sulsel hingga Selasa dini hari (14/2/2023)

Banjir di Makassar, Lobi hingga Basement Hotel Terendam AirPengendara melaju di tengah banjir di kawasan Jalan Letjend Hertasning Makassar, Senin (13/2/2023). (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Wali Kota Makassar, Ramdhan "Danny" Pomanto, meminta masyarakat mewaspadai banjir yang di sebagian kawasan mencapai ketinggian satu meter.

"Bagi seluruh masyarakat Kota Makassar, selamatkan diri kita semua, selamatkan anak-anak kita, keluarga kita," ujarnya saat meninjau banjir di Jalan Sulawesi, tak jauh dari Jalan Penghibur.

Sementara itu, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar, memperkirakan sebagian besar wilayah Sulawesi Selatan akan dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga lebat hingga Selasa dinihari (14/2/2023).

Baca Juga: [FOTO] Situasi Makassar Dikepung Banjir, Pengendara Kalang Kabut

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya