Andi Muchtar Ali Yusuf, Bupati dengan Ambisi Perkuat Ekonomi Bulukumba

Sebelumnya Andi Utta dikenal sebagai figur pengusaha sukses

Makassar, IDN Times - Sudah delapan bulan Andi Muchtar Ali Yusuf menjabat sebagai Bupati Bulukumba. Beberapa program mulai dia canangkan, seperti pencegahan stunting, program smart city hingga upaya menggenjot pariwisata daerah.

Selama kampanye, politikus Partai Gerindra itu memang banyak menaruh fokus pada sektor ekonomi. Selain lewat kegiatan para pelancong, ia hendak meningkatkan produktivitas petani dan nelayan.

Berikut IDN Times mengajak pembaca mengenal orang nomor satu di Kabupaten Bulukumba tersebut, seperti dihimpun dari berbagai sumber.

Baca Juga: Destinasi Wisata Pantai Bara Bulukumba, Favorit Pencinta Laut Sulawesi

1. Memiliki darah bangsawan Bugis dari orang tuanya

Andi Muchtar Ali Yusuf, Bupati dengan Ambisi Perkuat Ekonomi BulukumbaBupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf berbicara dalam rapat paripurna dengan agenda penyerahan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kab. Bulukumba tahun 2021-2026 di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Bulukumba, 4 Mei 2021. (Dok. Humas Pemkab Bulukumba)

Sosok yang biasa disapa Andi Utta itu lahir di Tanere, Bulukumba, pada 12 Februari 1967. Ia lahir dari pasangan Andi Muhammad Ali Yusuf dan Andi Dalima Makkarodda yang masih punya darah bangsawan. Kakek dari pihak ibu, Maraeng Hajji Makkarodda, merupakan Sulle Watang atau wakil Arung (Raja) ke-10 Kerajaan Bulukumpa yakni Imaddolangeng Daeng Ngilau Karaetta Hajjie.

Andi Utta menghabiskan masa-masa awal pendidikannya di kampung halaman. Ia menjadi siswa di SDN 58 Tanete (1973-1979) dan SMPN Tanete (1979-1982).

Masuk masa putih abu-abu, Andi Utta melanjutkan sekolah ke SMAN 1 Ujung Pandang (1982-1986). Meski tak pernah mengeyam pendidikan di bangku kuliah, asam-garam hidup didapatnya kala mulai merintis usaha dari nol selepas lulus SMA.

2. Sukses di usaha distribusi hasil laut yang ia bangun setelah lulus SMA

Andi Muchtar Ali Yusuf, Bupati dengan Ambisi Perkuat Ekonomi BulukumbaBupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf berbicara dalam rapat dengan Organisasi Perangkat Daerah dalam Lingkup Pemkab Bulukumba, Oktober 2021. (Dok. Humas Pemkab Bulukumba)

Tahun 1987, Andi Utta mulai terjun ke bisnis hasil laut. Ia membuka usaha udang laut jenis lobster dan lain-lain. Semuanya berasal dari perairan Bulukumba dan Sinjai. Seiring waktu, ia diajak bermitra dengam eksportir asal Makassar melalui PT Dian Makmur Makassar. Langkah ini membuatnya kian berkibar.

Masuk 1989, Andi Utta mantap mendirikan perusahaan sendiri dengan nama PT Amaly, yang merupakan akronim dari nama lengkapnya. Berbasis di Jakarta, awalnya PT Amaly berfokus pada distribusi hasil laut ke eksportir lokal. Tiga dekade lebih berlalu, Amaly Group kini merambah sektor lain seperti penyewaan alat berat, pedagangan mesin kendaraan, ekspedisi, jasa ekspedisi, konstruksi dan lain-lain.

Saat ini, Amaly Group membawahi 12 perusahaan serta memperjakan sekitar 1.000-an karyawan. Perusahaanya tersebar di Lampung, Jakarta, Makassar, Bone, Sinjai, Bulukumba hingga Sulawesi Tenggara.

3. Mudik ke Bulukumba untuk bertarung di Pilkada Serentak 2020

Andi Muchtar Ali Yusuf, Bupati dengan Ambisi Perkuat Ekonomi BulukumbaBupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Bupati Bulukumba pada 10 November 2021. (Dok. Humas Pemkab Bulukumba)

Jelang Pilkada Serentak 2020, Andi Utta memilih kembali ke kampung halaman. Ia mantap maju sebagai Calon Kepala Daerah, dengan menggandeng politikus PAN Andi Edy Manaf. Sukses menjadi mengusaha di tanah rantau, sosok 54 tahun itu coba mengaplikasikan pengalaman membangun perusahaan ke level daerah. Rupanya, ia yakin bisa menggenjot ekonomi Butta Panrita Lopi lewat sektor andalan.

Pasangan nomor urut 4 itu keluar sebagai pemenang berkat perolehan suara 39,2 persen dari total suara sah. Duduk di posisi kedua adalah pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Askar HL-Arum Spink. Kandidat yang diusung PPP dan NasDem itu mengantongi suara 28,6 persen.

Selanjutnya disusul paslon nomor urut 3 Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau dengan 26,9 persen, kemudian paslon nomor urut 1 Andi Hamzah Pangki-Andi Murniyati yang cuma mendapat suara 5,3 persen.

Andi Muchtar Ali Yusuf sert Andi Edy Manaf dilantik sebagI Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba periode 2021-2024 pasa 26 Februari 2021.

4. Punya tiga misi utama untuk membangun Bulukumba secara menyeluruh

Andi Muchtar Ali Yusuf, Bupati dengan Ambisi Perkuat Ekonomi BulukumbaPelantikan Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dan Wakil Bupati Andi Edy Manaf oleh Gubernur Sulawesi Selatan non-aktif Nurdin Abdullah di Makassar, 26 Februari 2021. (Dok. Humas Pemkab Bulukumba)

Andi Utta punya etos yang kerap ia katakan saat bertemu anak buah dan masyarakat, yakni "lebih baik dikerja daripada dicerita." Artinya, ia ingin lebih banyak berbuat ketimbang mengucap kata-kata yang tak bisa ditepati.

Duduk di tampuk pemerintahan Bulukumba, ia punya tiga misi besar. Pertama, meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya petani dan nelayan lewat hasil pertanian serta pertanian.

Kedua, menjadikan obyek wisata yang ada sebagai destinasi pelancong dalam dan luar negeri demi menambah PAD.

Ketiga, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat lewat program yang menyasar seluruh kelompok umur, serta meningkatkan kualitas pelayanannya.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Pantai di Bulukumba, Gak Jauh dari Tanjung Bira

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya