Unhas Perkuat Pengawasan Jelang Tes SNBT 2023

Ujian tahap pertama dijadwalkan pada 8 Mei 2023

Makassar, IDN Times - Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Jamaluddin Jompa menyampaikan komitmennya  mengantisipasi berbagai kecurangan pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tahun 2023. Tes tahap pertama diagendakan pada 8-14 Mei 2023.

Unhas melalui Direktorat Pendidikan, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menggelar sosialisasi pengawasa UBTK SNBT, di Kampus Tamalanrea Makassar, RAbu (3/5/2023). Dalam arahannya, Rektor menyampaikan bahwa persiapan, termasuk mencegah berbagi kecurangan, jadi bentuk komitmen Unhas memperkuat pengawasan. 

"Diharapkan pelaksanaan ujian dapat berjalan lancar, dan seluruh unsur yang terlibat dapat berkomitmen menciptakan proses ujian yang aman dan ketat dalam pengawasannya," kata Rektor Prof. Jamaluddin dalam keterangan yang diterima, Rabu.

Baca Juga: 20 Ribu Pendaftar Ikuti UTBK-SNBT Unhas

1. Pengawas dituntut mengantisipasi berbagai kecurangan

Unhas Perkuat Pengawasan Jelang Tes SNBT 2023Rektor Unhas, Prof Jamaluddin Jompa saat wawancara degan wartawan, Jumat (4/11/2022). IDN Times Sulsel/Dahrul Amri

Wakli Rektor Unhas Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Muhammad Ruslin, menyampaikan bahwa Unhas tengah menyiapkan segala kebutuhan untuk UTBK SNBT 2023, melalui hasil evaluasi pada pelaksanaan di tahun sebelumnya. Sehingga diharapkan para pengawas yang bertugas dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan peraturan dalam mengantisipasi terjadinya berbagai kecurangan yang dapat terjadi.

“Menjadi kesempatan kita bersama untuk menyatukan kesiapan diri serta kelengkapan fasilitas yang akan digunakan para peserta. Sehingga Unhas dapat memberikan ruang ujian yang aman dan nyaman, sehingga proses UTBK SNBT di Unhas dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” katanya.

2. UTBK di Kampus Unhas diikuti 20 ribu peserta

Unhas Perkuat Pengawasan Jelang Tes SNBT 2023unhas.ac.id

Lebih lanjut, Prof. Ruslin menyampaikan total jumlah peserta UTBK di Kampus Unhas akan diikuti oleh sebanyak 20.687 peserta ujian. Dengan sebaran lokasi ujian yang terbagi di Kampus Unhas Tamalanrea dan Kampus Unhas Gowa.

Sebanyak total 16 lokasi atau posko akan disiapkan dengan sebaran lokasi tersebut. Yakni terdapat 6 lokasi/posko Kampus Gowa, dan 10 lokasi/posko kampus tamalanrea, menggunakan total 40 ruang ujian dengan fasilitas komputer.

Pelaksanaan UTBK SNBT terbagi dalam dua gelombang, yakni pada gelombang 1 pada tanggal 8-14 Mei 2023 dan Gelombang 2 pada tanggal 22-28 Mei 2023.

3. Ujian memanfaatkan 1.300 komputer

Unhas Perkuat Pengawasan Jelang Tes SNBT 2023Ilustrasi peserta ujian mengikuti pelaksanaan UTBK seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Sebelumnya Kepala Sub Direktorat Penerimaan Mahasiswa Baru Unhas Yusu Ichsani menjelaskan, ujian UTBK-SNBT ini akan memanfaatkan sekitar 1.300 komputer di 40 ruangan dengan 6 ruang cadangan. Ruangan tersebar di Kampus Unhas Tamalanrea Makassar dan di Fakultas Teknik Gowa.

Soal pengamanan SNBT, Unhas akan melibatkan petugas keamanan sepenuhnya, seperti pengamanan internal, Satpam Unhas dan pihak kepolisian.

Baca Juga: Abdi Mahasiswa Unhas Delegasi Indonesia di Forum Pemuda PBB

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya