Teman Bus Disiapkan untuk Jangkau Kawasan Wisata di Sulsel

Semua armada bus beroperasi penuh pada Desember 2021

Makassar, IDN Times - Sarana transportasi Trans Mamminasata atau program Teman Bus kini tengah dalam tahap uji coba di Makassar, Sulawesi Selatan. Sarana tersebut direncanakan untuk pengembangan wisata domestik.

Kepala UPT Transportasi Mamminasata Dinas Perhubungan Sulsel mengatakan, Teman Bus bakal menjangkau berbagai kawasan wisata. Nantinya akan dihadirkan rute dari Bandara Sultan Hasanuddin ke destinasi wisata di luar Makassar.

"Plt. Gubernur sudah mengusulkan ke Menteri Perhubungan supaya ada rute dari Bandara Sultan Hasanuddin ke Bantimurung yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Maros, begitu pula rute ke Fort Roterdam," kata Prayudi Syamsibar dikutip dari Antara, Kamis (18/11/2021).

Baca Juga: Diluncurkan, Teman Bus di Makassar Gratis untuk Sementara

1. Sebanyak 22 bus diuji coba

Teman Bus Disiapkan untuk Jangkau Kawasan Wisata di SulselArmada Teman Bus yang bakal beroperasi di Makassar. (Dok. Pemprov Sulsel)

Pada tahap awal, sebanyak 22 bus yang merupakan hibah Kementerian Perhubungan diuji coba. Total ada 87 bus yang bakal beroperasi, namun penyerahannya bertahap.

Distribusi 87 unit bus ini, kata Prayudi, harus disegerakan sebab operasional bus mesti berjalan sebelum Desember atau paling lambat Minggu pertama Desember.

Yudi menyebut pengadaan 87 unit yang akan disebar masing-masing 22 unit pada setiap koridor tersebut totalnya sebanyak Rp15 miliar untuk tahun 2021-2022. Sehingga dimungkinkan untuk penambahan dua koridor lagi di tahun 2022.

"Tentu tujuannya ada yang ke wisata domestik, cuma sekarang kita jangkau dulu wilayah dengan mobilitas tinggi seperti mall, bandara dan lainnya. Ini dulu yang coba kita jalani," ujarnya.

2. Perbedaan Teman Bus dengan sarana transportasi lain

Teman Bus Disiapkan untuk Jangkau Kawasan Wisata di SulselIlustrasi bus. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Teman Bus hadir dengan menawarkan berbagai keuntungan dan manfaat penggunaannya. Moda transportasi ini menawarkan pola beli layanan yang tidak lagi menargetkan jumlah penumpang, namun mengutamakan ketepatan waktu tempuh agar penumpang lebih mudah mengestimasi waktu sampai ke tempat tujuan.

"Jadi kalau misal capek naik kendaraan pribadi, terus kebetulan satu jurusan dan ada arah ke situ, maka kita tawarkan itu. Karena busnya sudah full AC, tidak perlu menunggu lama, kita bisa tau kapan sampai di dalam halte," ujar Yudi.

Untuk mengetahui layanan Teman Bus, masyarakat harus mengunduh aplikasi TEMAN BUS di aplikasi Playstore dan Appstore. Di aplikasi tersebut, tersedia berbagai informasi soal lokasi halte dan jadwal operasional bus.

Adapun layanan Teman Bus di Provinsi Sulawesi Selatan atau Trans Mamminasata akan melayani 4 koridor yakni terdiri dari :

a. Koridor 1 : Terminal Mallengkeri - UNHAS (Via JI. Metro Tanjung Bunga)

b. Koridor 2: Mall Panakukang Internasional Sultan Hasanudin

c. Koridor 3: Kampus 2 PNUP - Kampus 2 PIP

d. Koridor 4: Pelabuhan Soekarno Hatta UIN Samata.

3. Pembayaran menggunakan e-money

Teman Bus Disiapkan untuk Jangkau Kawasan Wisata di SulselIlustrasi electronic money atau e-money (IDN Times/Vadhia Lidyana)

irektur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengatakan, pada tahap uji coba, Teman Bus akan digratiskan bagi masyarakat. Belum diumumkan berapa tarif yang bakal berlaku nanti.

Untuk pembayaran, Teman Bus hanya menerima pembayaran uang elektronik atau non tunai. Setiap penumpang harus top up dulu sebelum naik. Saat naik bus, penumpang akan tapping kartu. Karena masih gratis, saldo tidak akan terpotong.

"Penumpang hanya menyiapkan kartu non tunai, dan buka aplikasinya untuk melihat rute, jadwal kedatangan dan keberangkatannya," kata Budi.

Baca Juga: Empat Koridor dan Rute Teman Bus di Makassar, Transportasi Massal Baru

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya