Tanah Longsor di Pinrang, PLN Sigap Pulihkan Pasokan Listrik

PLN mencatat sebanyak 965 pelanggan terdampak 

Makassar, IDN Times - Tanah longsor di Desa Mesakada, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Kamis (6/7/2023) menyebabkan pasokan listrik sempat terputus. Itu disebabkan sejumlah tiang listrik tumbang.

Di tengah kondisi itu, petugas PLN bergerak cepat memulihkan pasokan listrik secara menyeluruh. Masyarakat desa pun bisa kembali memanfaatkan listrik tak lama usai peristiwa tanah longsor.

Baca Juga: Potret Terminal Petikemas New Makassar, Green Port Berbasis Listrik

1. Hampir seribu pelanggan terdampak

Tanah Longsor di Pinrang, PLN Sigap Pulihkan Pasokan ListrikTiang listrik tertimbun tanah longsor di Desa Mesakada, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Kamis (6/7/2023). (Dok. PLN UID Sulselrabar)

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin mencatat, saat terjadi longsor, 20 gardu distribusi dan 965 pelanggan terdampak. Mereka tersebar di Dusun Makula, Dusun Batusura, Kampung Muallaf, dan Dusung Pasang Lambe.

"Walaupun akses masih sulit untuk memobilisasi tiang dan material baru, kami berupaya keras melakukan pemulihan pasokan listrik. Alhamdulillah dalam waktu setengah hari petugas berjibaku di lapangan pemulihan pasokan listrik kepada pelanggan terdampak sudah mencapai 84 persen," ungkap Andy.

2. PLN turunkan 12 petugas lapangan

Tanah Longsor di Pinrang, PLN Sigap Pulihkan Pasokan ListrikPetugas PLN berupaya memulihkan pasokan listrik pada lokasi tanah longsor di Desa Mesakada, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Kamis (6/7/2023). (Dok. PLN UID Sulselrabar)

Usai terjadi tanah longsor, PLN UID Sulselbar langsung merespons dengan meninjau lokasi. Sebanyak 12 petugas diterjunkan untuk mempercepat pemulihan pasokan.

"Kami optimis petugas berpengalaman yang diterjunkan dapat mempercepat proses pemulihan," ucap Andy.

3. Petugas terhambat akses lokasi sulit akibat tertimbun longsor

Tanah Longsor di Pinrang, PLN Sigap Pulihkan Pasokan ListrikPetugas PLN sedang menjaga keandalan listrik. (dok. PLN)

Seorang petugas PLN, Joni menuturkan tantangannya saat bekerja memulihkan aliran listrik di daerah terdampak. Akses menuju lokasi gangguan cukup sulit akibat tertimbun longsor.

"Beberapa tiang dan aset kami tumbang, tetapi hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi kami. Mohon doa dan dukungannya, siang dan malam kami akan terus berupaya memulihkan pasokan listrik ke daerah terdampak," ungkap Joni.

Baca Juga: PLN Sulselrabar dan PLN Icon Plus Bergandengan Perluas Jangkauan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya