Comscore Tracker

Sulsel Andalkan 17 Cabang Olahraga di PON XX Papua

Sulsel berharap raihan medali emas dari tiap cabor andalan

Makassar, IDN Times - Kontingen Sulawesi Selatan berharap membawa pulang medali emas dari 17 cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Ketua Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel Andi Ihsan mengatakan, target itu dipasang sesuai hasil rapat dengan para pelatih cabang olahraga yang dikirim ke Papua.

"Ada 17 cabang olahraga yang digadang-gadang akan menuai emas. Tidak hanya satu tapi hingga dua," kata Ihsan dikutip dari Antara, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga: Sempat Terdampak Pandemik, KONI Sulsel Tetap Target 10 Besar PON Papua

1. Cabang olahraga bela diri jadi andalan

Sulsel Andalkan 17 Cabang Olahraga di PON XX PapuaAtlet tim Karate Sulsel/Istimewa

Dari 17 cabang olahraga yang jadi andalan Sulsel, sebagian merupakan kategori bela diri. Di antaranya karate, judo, dan tinju, yang ditargetkan meraih masing-masing dua medali emas. Cabor bela diri lain yang diharapkan bisa mendulang medali adalah kempo, muay thai, dan tarung derajat.

Sulsel juga akan berharap banyak dari cabor lain. Misalnya angkat besi yang diwakili Rahmat Erwin Abdullah, peraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020.

Cabor lain adalah atletik, balap motor, biliar, dayung, layar, selancar, renang indah, sepak takraw, panjat tebing, dan selam.

"Para pelatih cabang olahraga inilah yang berani pasang target medali emas. Tapi tidak menutup kemungkinan ada kejutan prestasi dari cabang olahraga lainnya," ucap Andi Ihsan.

2. Sulsel target finis di posisi sepuluh besar

Sulsel Andalkan 17 Cabang Olahraga di PON XX PapuaSeorang atlet berlari di depan Gedung Olah Raga (GOR) STT Gidi Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (12/9/2021). ANTARA FOTO/Indrayadi TH

Andi Ihsan memprediksi apabila target ini tercapai, maka Sulsel bisa dipastikan masuk 10 besar peraihan medali. Sekaligus memenuhi harapan pemerintah dan masyarakat Sulsel.

Sebelumnya di PON Jawa Barat tahun 2016, Sulsel berada di urutan 12 dengan raihan medali emas sebanyak 12. Pada PON XX di Papua, Sulsel berani menargetkan 20 emas dari 17 cabang olahraga tersebut.

"Mohon doanya karena para atlet dan pelatih sudah mempersiapkan diri melalui latihan agar bisa tampil maksimal di PON Papua," ujar Andi.

3. Sulsel bawa 294 atlet ke Papua

Sulsel Andalkan 17 Cabang Olahraga di PON XX PapuaAcara Festival Cahaya Papua pada Jumat (31/12/2020) malam. (IDN Times/Dok. PB PON Papua).

Pada PON XX Papua, Kontingen Sulsel akan membawa 294 orang. Mereka terdiri dari 226 atlet yang didampingi oleh 68 pelatih, asisten pelatih dan mekanik.

Mereka akan bertanding pada 32 cabang olahraga, sesuai dengan hasil pertandingan pada pra PON yang meloloskan 32 cabang olahraga.

Baca Juga: Optimisme Ayu, Satu-satunya Atlet Panahan Sulsel untuk PON Papua

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya